Dengan Mobile JKN, Screening Covid-19 Bisa Dilakukan di Rumah Saja

  • Whatsapp
Dengan Mobile JKN, Screening Covid-19 Bisa Dilakukan di Rumah Saja
Narasumber : SLAMET
Dengan Mobile JKN, Screening Covid-19 Bisa Dilakukan di Rumah Saja
Narasumber : SLAMET

Palopo, Upeks.co.id – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini terutama di Indonesia membuat masyarakat menjadi was-was. Untuk mencegahnya, sebagian besar masyarakat lebih memilih melakukan aktivitas dari rumah. Salah satu inovasi BPJS Kesehatan yang hadir melalui aplikasi Mobile JKN adalah fitur Skrining Mandiri Covid-19, di mana peserta JKN-KIS dapat mengisi sejumlah pertanyaan seperti gejala yang dialami saat ini, riwayat perjalanan peserta  serta riwayat kontak peserta dengan pasien Covid-19. Hasil analisapun dapat segera diketahui oleh peserta yang bersangkutan.

Syukur Slamet (34) merupakan peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha (BU) yang bersedia menceritakan pengalamannya dalam memanfaatkan fitur Skrining Mandiri Covid-19 pada aplikasi Mobile JKN.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya saya sudah sejak lama pakai aplikasi Mobile JKN ini karena lebih mudah kalau ingin melakukan perubahan dan pengecekan data kepesertaan, serta saya dapat informasi terbaru tentang Program JKN-KIS. Kemarin setelah sayaupdate aplikasinya di Play Store, ternyata ada menu Skrining Mandiri Covid-19 dan saya mencoba mengisi fitur screening tersebut. Kita diminta mengisi kondisi kesehatan dan masih banyak lainnya, ternyata hasil screening saya itu berisiko rendah,” ujar warga Kelurahan Boting Kecamatan Wara Kota Palopo ini, Jumat (29/05) .

Menurut Slamet pengisian fitur Skrining Mandiri-19 pada aplikasi Mobile JKN sangat mudah dan dapat dilakukan di mana saja termasuk di rumah, dan meskipun peserta memiliki risiko rendah, peserta tetap dianjurkan tinggal dirumah saja, tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan dengan sabun, melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan bergizi.

“Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini mengajarkan kita semua untuk lebih mawas diri, terutama dengan gejala yang muncul pada diri kita dan dengan orang di sekitar kita. Dengan menjaga kebersihan dan melakukan aktivitas dari rumah, serta melakukan physical distancing dan memakai masker bila harus bepergian keluar rumah, kita dapat membantu memutus mata rantai penularan Covid-19 ini,” kata Slamet. (Jamkesnews)

Pos terkait