Bupati Kolaka: KUPA dan PPAS Untuk Kegiatan Pembangunan TA 2020

  • Whatsapp
Bupati Kolaka: KUPA dan PPAS Untuk Kegiatan Pembangunan TA 2020

Bupati Kolaka: KUPA dan PPAS Untuk Kegiatan Pembangunan TA 2020

KOLAKA,UPEKS.co.id—Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ahmad Safei menegaskan  penyusunan rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara  (KUPA-PPAS) 2020, dimaksudkan membiayai seluruh kegiatan pembangunan tahun anggaran 2020.

Bacaan Lainnya

Baik yang bersifat prioritas maupun penunjang dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan dan juga untuk  penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Kolaka saat menyerahkan rancangan KUPA dan PPAS perubahan APBD TA 2020  berlangsung di ruang rapat Sangia Nibandera DPRD Kolaka pada(26/8/20), dan selanjutnya dibahas oleh badan  anggaran DPRD dan tim anggaran Pemda Kolaka, yang tentunya dengan pembahasan ini akan terciptanya  kesepakatan bersama antara Eksekutif dan Legislatif dalam waktu dekat.

Dikatakannya dinamika ekonomi saat pandemi Covid-19, menyebabkan perlunya perubahan terhadap asumsi  kondisi makro ekonomi, serta keuangan daerah di tahun 2020.

Pandemi Covid-19 telah menyita waktu, pisik, biaya  serta kekhawatiran luar biasa hingga harus dilakukan refocusing dan penyesuaian anggaran. Asumsi makro  meliputi laju pertumbuhan ekonomi dan laporan badan pusat statistik pada triwulan II tahun 2020.

Bupati menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh mines 5,32 persen demikian juga dengan Sultra  tumbuh minus 2,39 persen. Berdasarkan kondisi ini maka laju pertumbuhan perekonomian Kabupaten Kolaka  diperkirakan lebih rendah dibandingkan dengan realisasi tahun 2019.

“Kita prediksi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kolaka akan lebih rendah realisasinya dibandingkan dengan  tahun anggaran 2019,”jelas Safei.

Menyikapi hal ini Bupati Kolaka menginstruksikan kepada SKPD lingkup Pemda Kolaka untuk mengikuti dan  menghadiri langsung rapat-rapat pembahasan KUPA dan PPAS perubahan APBD Kabupaten Kolaka tahun  anggaran 2020 sesuai jadwal yang di tetapkan oleh DPRD Kabupaten Kolaka.

Rapat di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Kolaka H.Sainal Amrin didampingi kedua wakilnya H Syarifuddin Baso  Rantegau, dan Usmaluddin, Forkopimda, para Asisten Setda Kolaka segenap anggota DPRD Kolaka, jajaran  SKPD lingkup Pemda Kolaka, Camat dan undangan.(pil).

Pos terkait