Bermodal Kartu JKN-KIS Saja, Persalinan Bebas Biaya

  • Whatsapp
Bermodal Kartu JKN-KIS Saja, Persalinan Bebas Biaya
Narasumber : Irwanto (26 Tahun) Peserta PBPU
Bermodal Kartu JKN-KIS Saja, Persalinan Bebas Biaya
Narasumber : Irwanto (26 Tahun) Peserta PBPU

Parepare, Upeks.co.id – Progam Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh peserta JKN-KIS. Irwanto (26) salah satu peserta Pekerja Bukan Penerima Upah, sangat merasakan betul kehadiran negara melalui Program JKN-KIS. Hal tersebut ia ceritakan kepada tim Jamkesnews ketika berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Selasa (19/05).

“Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih pada pemerintah dengan adanya Program JKN-KIS, karena telah menjamin kesehatan saya beserta keluarga. Kita mau berobat di mana pun itu, baik Fasilitas Kesehatan Tingkap Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), jangan lagi khawatir dengan mutu layanannya karena sama baiknya. Alhamdulillah semua melayani dengan baik asal sesuai dengan aturan,” kata Irwanto.

Bacaan Lainnya

Irawanto menceritakan bahwa selama istrinya dirawat di rumah sakit tidak ada biaya yang dikeluarkan sepersen pun dan tidak ada perbedaan layanan dengan pasien dari segmen lain, apalagi dengan kelahiran anak pertamanya ini akan dilakukan dengan tindakan caesar.

“Saya agak kaget karena tidak memiliki persiapan untuk istri saya melahirkan anak pertama secara caesar. Saya membayangkan biaya untuk operasi yang terbilang mahal. Padahal untuk biaya sehari-hari saja kami susah apalagi istri saya harus melahirkan dengan tindakan operasi. Tentunya saya sebagai suami saat itu bingung karena tidak punya biaya,” tuturnya.

Irwanto pun bersyukur bisa ikut serta menjadi bagian dari BPJS Kesehatan. Ia paham betul jika prinsip gotong royong BPJS Kesehatan adalah peserta yang sehat akan memberikan kontribusi pada peserta lain yang membutuhkan.

“Yang sehat akan menolong yang sakit. Kita sebagai peserta harus rajin membayar iurannya setiap bulan, karena sekecil apapun yang kita berikan akan sangat bermanfaat bagi peserta lainnya. Dengan bergotong royong kita sudah bisa menjadi pahlawan bagi sesama,” ujar Irwanto. (Jamkesnews)

Pos terkait