Akhir Agustus 2020, Terdata 79 Kasus Positif Covid-19 di Enrekang

  • Whatsapp
Akhir Agustus 2020, Terdata 79 Kasus Positif Covid-19 di Enrekang
sutrisno. (foto:sry/upeks).
Akhir Agustus 2020, Terdata 79 Kasus Positif Covid-19 di Enrekang
sutrisno. (foto:sry/upeks).

ENREKANG,UPEKS.co.id — Pekan terakhir Bulan Agustus tahun ini angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di  Enrekang terus bertambah. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Enrekang Sutrisno.

Dia  mengatakan sepekan terakhir kembali mencuat tiga kasus baru berasal dari tiga Kecamatan berbeda.

Bacaan Lainnya

Tiga Kecamatan dimaksud adalah Kecamatan Curio satu orang, Kecamatan Alla satu orang dan Kecamatan  Anggeraja satu orang.

“Ada penambahan tiga kasus baru lagi dari Kecamatan Curio, Alla dan Anggeraja. Jadi sekarang jumlah kasus  terkonfirmasi positifsudah ada 79 kasus,” kata Sutrisno.

Ia menjelaskan, kasus ke-77 adalah warga Lamba, Desa Sanglepongan, Kecamatan Curio, berinisial JM (65),jenis
kelamin perempuan.

Sutrisno menjelaskan, JM dirujuk ke poli rawat jalan RSUD Massenrempulu tanggal 19 Agustus 2020 dengan  keluhan DM dan luka kaki sebelah kiri yang terasa nyeri selama lebih dari sebulan.

Namun, saat itu JM kembali ke rumahnya dan lukanya dirawat oleh petugas Pustu.

Namun pada tanggal 26 Agustus, JM kembali dirujuk ke RSUD Massenrempulu dengan keluhan yang sama  karena tidak ada perbaikan terhadap keluhannya.

Kemudian di hari yang sama, dilakukan pengambilan swab PCR terhadap JM dan specimennya dikirim ke  Laboratorium Central RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar pada tanggal 27 Agustus 2020.

Tanggal 28 Agustus hasil RT-PCR dinyatakan positif Covid-19. JM kemudian ditetapkan menjadi pasien  terkonfirmasi positif Covid-19 ke-77.

Sementara kasus ke-78, berinisial SN (40), jenis kelamin perempuan, warga asal Kalosi Barat, Kecamatan Alla.

SN berobat ke Puskesmas Kalosi dengan keluhan luka ganggreng (terbuka dan lebar) pada telapak kaki sebelah kanan pada 25 Agustus.

Setelah perawat merawat dan membersihkan luka, SN kemudian dirujuk ke RSUD Massenrempulu dengan  keluhan luka terbuka telapak kaki kanan, batuk, sesak nafas dan tenggorokan berlendir.

Hasil foto Thoraxnya menunjukkan aspek Bronchitis. Kemudian dilakukan pengambilan specimen Swab PCR  Covid-19 di RSUD Maspul pada tanggal 26 Agustus.

Hasil specimen swab tersebut kemudian dikirim ke laboratorium Sentral RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar  27 Agustus.

Tanggal 28 Agustus 2020 hasil RT-PCR yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19. SN merupakan pasien positif Covid-19 kasus ke-78.

Kemudian pasien kasus ke-79 berasal dari Dusun Tampo, Kecamatan Anggeraja, berinisial HR )49) jenis kelamin  perempuan

Tanggal 19 Agustus 2020, Ia ke PKM Anggeraja untuk mengambil rujukan ke RSUD Massenrempulu.

Diketahui HR mengidap penyakit TB dan sudah mengonsumsi OAT selama enam bulan, dan rencananya Ia akan  melakukan foto thorax untuk mengetahui reaksi dari OAT yang dikonsumsinya selama ini.

Kemudian yang bersangkutan dirujuk ke RSUD Maspul dihari yang sama. Hasil foto torax GM menunjukkan Cardiomegaly disertai Udema Paru dan Efisien Pleura.

Tanggal 25 Agustus yang bersangkutan ke RSUD Maspul untuk dilakukan foto thorax, dan hasilnya bronchitis  kronis dan disarankan untuk jalani rawat inap.

Selanjutnya tanggal 26 Agustus 2020, HR (49) dilakukan pengambilan swab PCR covid-19 di RSUD  Massenrempulu.

Kemudian 27 Agustus specimen swab PCR tersebut dikirim laboratorium centrel RSUP Wahidin Sudirohusodo  Makassar.

Tanggal 28 Agustus 2020 hasil swab PCR dari HR dinyatakan positif Covid-19 dan ditetapkan sebagai pasien  positif Covid kasus ke-79.

Dengan adanya penambahan tiga pasien itu maka jumlah total kasus Covid-19 di Kabupaten Enrekang saat ini  mencapai 79 kasus.

“Ketiga pasien tersebut telah dirujuk ke Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kota Makassar,” pungkas Sutrisno. (Sry).

Pos terkait