ANEKA

Warga Kolaka Bertambah 23 Positif Covid-19, Diantaranya 18 Nakes

Warga Kolaka Bertambah 23 Positif Covid-19, Diantaranya 18 Nakes

KOLAKA,UPEKS.co.id—Diluar dugaan dan sangat mengagetkan setelah Juru bicara (jubir) percepatan  penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) Dokter Muh.Aris melalui suara audio yang  diupload melalui group WhatsApp Satgas Covid-19, Selasa (21/7/20).

Saat itu dr Aris mengumumkan 23 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan diantaranya terdapat 18 orang tenaga  kesehatan (nakes) dari Puskesmas Kolakaasi, Kecamatan Latambaga 17 orang serta satu orang dari Rumah  Sakit Benyamin Guluh.

“Mengetahui hal ini kita sangat kaget, tetapi juga kita tidak perlu panik dan apapun kegiatan kita di luar rumah  harus memakai masker,”ungkap Aris.

Dokter Aris menjelaskan, nakes yang terkonfirmasi positif ini secara sporadik. Hal itu diketahui setelah dilakukan  rapid tes hasilnya reaktif. Dari 60 an orang diambil swabnya, dan Selasa (21/7/20) hasilnya keluar sebanyak 30  orang.

“Dari 30 orang yang keluar hasil swabnya ini, 17 orang positif, sementara yang lima orang terkonfirmasi positif  adalah masyarakat umum, sehingga pada hari ini yang terkonfirmasi positif ada penambahan sebanyak 23  orang,”jelas Aris.

Jubir merinci, jumlah yang terkonfirmasi positif 8 nakes. Diantaranya 17 dari Puskesmas Kolakaasi Kecamatan  Latambaga dan satu orang nakes dari rumah sakit umum Benyamin Guluh Kecamatan Kolaka, yaitu seorang  wanita (25) Nakes Benyamin Guluh.

Sementara 17 orang Nakes Puskesmas Kolakaasi, diantaranya seorang wanita(29) warga Kelurahan Balandete  Kecamatan Kolaka, wanita(27) warga Kelurahan Watuliandu Kecamatan Kolaka, wanita (22) warga Kelurahan  Balandete Kecamatan Kolaka, wanita(31) juga warga Kelurahan Balandete Kecamatan Kolaka.

Warga Kolaka Bertambah 23 Positif Covid-19, Diantaranya 18 Nakes

Selanjutnya wanita (33) warga Kelurahan Kolakaasi Kecamatan Latambaga, wanita (27) warga jalan Wolter  Monginsidi Kecamatan Kolaka, Pria (29) warga Kelurahan Tahoa Kecamatan Kolaka, wanita(23) warga Kelurahan  Sakuli Kecamatan Kolaka, pria (29) warga Kelurahan Tahoa Kecamatan Kolaka, dan wanita (43) warga Kelurahan Lalombaa Kecamatan Kolaka.

Selanjutnya wanita (24) warga Kelurahan Kolakaasi Kecamatan Latambaga, wanita(24) warga Perumnas  Kecamatan Kolaka, wanita (35) warga Kelurahan Lamokato Kecamatan Kolaka, wanita(25) warga Kelurahan  Tahoa Kecamatan Kolaka, wanita(26) warga Jalan Cengkeh Kecamatan Kolaka, wanita(32) warga Kelurahan
Balandete Kecamatan Kolaka, wanita(24) warga Kelurahan Sea Kecamatan Latambaga.

Sementara yang lima orang terkonfirmasi positif adalah masyarakat umum diantaranya seorang wanita (54),  wanita (19) dan wanita (7) ketiga orang ini adalah warga Desa Iwoimendaa Kecamatan Iwoimendaa yang kontak  dengan pasien sebelumnya sudah diisolasi di Sikim Kolaka.

Selanjutnya yang dua orang lagi yaitu seorang wanita (16) warga Kelurahan Puundoho Kecamatan Baula dan  wanita (27) warga Kelurahan Sea Kecamatan Latambaga.

Sehingga hingga kini, kata dokter Aris, total masyarakat Kolaka yang terkonfirmasi positif sudah mencapai 50  orang.

Diantaranya satu orang di rawat di RS Bahteramas, satu orang masih dirawat di RS Korem, satu orang  masih dirawat di RS Benyamin Guluh dan satunya lagi meninggal dunia.

“Dan 34 orang yang kita isolasi dan rawat di Sikim Kolaka, yang setiap hari dikontrol oleh dokter serta dijaga oleh  perawat,”ujar Aris juga Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kolaka.(pil)

#TRENDING

To Top