Wabah Covid-19, Puskesmas Pekkabata Pastikan Layanan Bagi Peserta JKN-KIS Tak Terganggu

  • Whatsapp
Wabah Covid-19, Puskesmas Pekkabata Pastikan Layanan Bagi Peserta JKN-KIS Tak Terganggu

Wabah Covid-19, Puskesmas Pekkabata Pastikan Layanan Bagi Peserta JKN-KIS Tak Terganggu

Polewali, Upeks.co.id – Sejak bergulirnya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah, melakukan social distancing, dan juga membatasi pergerakan masyarakat guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Hal ini tentu berpengaruh pada berbagai berbagai alur pelayanan publik, termasuk diantaranya pelayanan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Di Kabupaten Polewali Mandar, Puskesmas sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan wajib memprioritaskan keamanan dan keselamatan masyarakat yang berobat dengan menjalankan protokol keamanan pencegahan Covid-19. Ditemui tim Jamkesnews, salah seorang dokter di Puskesmas Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar, Nurlina, mengatakan bahwa untuk memastikan pelayanan tidak terganggu untuk peserta JKN-KIS yang datang langsung ke Puskesmas, pihaknya telah menyiapkan protokol pelayanan dengan menerapkan physical distancing dan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Hal ini guna memastikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS tidak terganggu dengan tetap memperhatikan keselamatan peserta juga petugas di Puskesmas,” terang Nurlina, Kamis (30/04).

Nurlina mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan pelayanan kepada peserta JKN-KIS dan untung mengantisipasi penyebaran Covid-19, Puskesmas Pekkabata juga telah menyediakan layanan teleconsulting untuk menurunkan angka kontak di Puskesmas.

“Peserta JKN-KIS dapat menghubungi layanan teleconsulting tersebut jika ingin berkonsultasi mengenai masalah kesehatan sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Puskesmas. Selain lebih praktis, juga meminimalisir risiko penyebaran Covid-19,” ungkap Nurlina.

Nurlina [un menegaskan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang baik kepada peserta JKN-KIS di tengah kondisi pandemi ini.

Ditemui pada kesempatan berbeda, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Polewali Hery Zakariah mengungkapkan apresiasinya terhadap fasilitas-fasilitas kesehatan yang terus berkomitmen dalam melayani peserta JKN-KIS.

“Saat ini, kondisinya memang terjadi penyesuaian tertentu pada fasilitas kesehatan, seperti jam layanan dan sebagainya. Namun, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN-KIS tentu akan terus berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan khususnya di tingkat pertama agar layanan yang diberikan tidak berkurang tanpa mengesampingkan faktor keamanan dan kenyamanan peserta,” ungkap Hery. (Jamkesnews)

Pos terkait