ANEKA

UNM Terapkan Protokol Kesehatan Ketat untuk UTBK

UNM Terapkan Protokol Kesehatan Ketat untuk UTBK

MAKASSAR, UPEKS.co.id –- Universitas Negeri Makasaar (UNM) mempersiapkan protokol kesehatan dalam  pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Koordinator Humas Panitia Pusat UTBK 712 UNM Prof  Muhammad Jufri menyatakan, persiapan itu terdiri dari penyiapan fasilitas ujian dan persiapan personal.

“Sebelum pelaksanaan UTBK peserta akan menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai standar khusus dari gugus  tugas Covid-19 meliputi penerapan sosial dan physical distancing, pemeriksaan suhu tubuh, fasilitas cuci tangan,  penggunaan marker dan alat pelindung diri lainnya serta penyiapan hand sanitizer,” kata Jufri ke Tagar, Jumat, 3  Juli 2020.

Dekan Psikologi UNM menambahkan panitia dan pengawas dibekali ketentuan pengawasan UTBK dan protokol  kesehatan. Ia juga mengingatkan agar peserta yang akan mengikuti UTBK untuk menggunakan masker dan  menggunakan kaus tangan.

“Setiap sesi ke sesi yang lainnya memiliki jeda yang cukup lama sekitar dua jam. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi  kerumunan baik peserta yang sudah ujian maupun yang belum melaksanakan ujian. Ruangan dan komputer yang  digunakan bergantian secara berkala dilakukan pensterilan,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan UTBK ini sendiri, akan berlangsung selama tiga tahap. Antara lain pada tahap pertama yaitu 5 -14 Juli 2020, tahap dua pada 20-29 Juli 2020. Sedangkan pada tahap tiga (force majeur) pada 30 Juli-2 Agustus  2020.

Untuk menunjang berjalannya UTBK UNM menyiapkan sejumlah titik lokasi UTBK-SBMPTN 2020 selain  menggunakan fasilitas kampus. Total ruangan yang akan dipergunakan untuk UTBK sebanyak 58 ruangan dan  setiap sesi pelaksanaan dalam ruangan hanya ada 15 orang.

“Tahun sebelumnya setiap ruangan ada 30 orang, karena adanya pandemi covid-19 jadi jumlah peserta dalam  ruangan kelas dikurangi hingga setengahnya,” jelasnya.

Diketahui, jumlah peserta UTBK yang akan melangsungkan ujian di UNM sebanyak 13538 orang. Dan UNM  sendiri akan menerima sebanyak 40 persen kuota dari tiga jalur yang tersedia. (Rasak).

#TRENDING

To Top