Tingkatkan SDM, Bantaeng Cetak 32 Tenaga Terampil Dalam Waktu Singkat

  • Whatsapp
Tingkatkan SDM, Bantaeng Cetak 32 Tenaga Terampil Dalam Waktu Singkat

Tingkatkan SDM, Bantaeng Cetak 32 Tenaga Terampil Dalam Waktu Singkat

BANTAENG,UPEKS.co.id—Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus berupaya meningkatkan Sumber Daya  Manusia (SDM) warga Bantaeng. Melalui Balai Latihan Kerja (BLK), peningkatan SDM terus dilakukan.

Bacaan Lainnya

Kabupaten Bantaeng baru saja mencetak 32 tenaga terampil otomotif yang siap pakai. Mereka merupakan warga  Bantaeng dan kabupaten sekitar yang telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi sekaligus wisuda teknisi  otomotif angkatan II periode tahun 2018-2020.

Program pelatihan di BLK umumnya berdurasi pendek 1-3 bulan, namun khusus untuk program pelatihan untuk  pencapaian kualifikasi tertentu yang cukup tinggi seperti untuk level teknisi, dibutuhkan waktu hingga 2 tahun  pelatihan untuk menyelesaikannya.

Perwakilan Mitra Kerjasama Perusahaan Otomotif Toyota Kalla Makassar, Muh. Agus Prianto, mengatakan bahwa  kurang lebih 10 orang alumni pada angkatan I sudah terekrut di Kalla Toyota, yang mana seluruhnya merupakan  siswa terbaik dan menunjukkan prestasi luar biasa.

“Yang paling menonjol oleh alumni BLK Bantaeng adalah budaya dan attitude luar biasa yang diperlihatkan,”  jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin yang menutup pelatihan berbasis kompetensi, dalam  sambutannya mengatakan bahwa ini adalah awal pembuktian bagaimana budaya dan attitude kita dapat  diperlihatkan sebagai pembeda yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengenyam pendidikan di BLK  Bantaeng.

“Saya mau seluruh wisudawan membuat orang tuanya bangga bukan hanya pada hari ini, tetapi untuk 5 sampai 10  tahun ke depan karena kalian lahir dari BLK Bantaeng,” ujar Bupati.

Balai Latihan Kerja Bantaeng merupakan BLK termuda dari 17 BLK UPTP yang berada langsung dibawah  pengelolaan Kementerian Ketenagakerjaan yang didirikan untuk memberikan pelayanan pelatihan kerja kepada  masyarakat Bantaeng dan wilayah sekitarnya guna meningkatkan kompetensi masyarakat agar dapat bersaing
dalam pasar kerja baik di lingkup Kab. Bantaeng, nasional maupun internasional.

Turut hadir pada kesempatan itu antara lain Kapolres Bantaeng, Wawan Sumantri, Dandim 1410 Bantaeng,  Tambohule Wulaa, Asisten III Bidang Administrasi Setda, Asruddin, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian,  A. Irvandi Langgara, serta para Kepala SKPD terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.(Irwan.P)

Pos terkait