Rugi Jika Tak Menjadi Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp

Rugi Jika Tak Menjadi Peserta JKN-KIS

Palopo, Upeks.co.id – Kasmawati (37) yang akrab dipanggil kasma seorang tenaga honerer yang bekerja di Pemerintah Kota Palopo.  Program JKN-KIS bukan hal yang baru buat Kasma, sebab dalam kesehariannya ia sangat berhubungan baik dengan BPJS Kesehatan sebagai mitra.

Bacaan Lainnya

Kasma juga seorang ibu yang pastinya ingin memberikan yang terbaik buat keluarganya, salah satunya dengan menjaminkan diri dan keluarga sebagai peserta JKN-KIS. Sebagai warga Negara yang baik, harus patuh terhadap pemerintah dan berhak mendapatkan penjaminan kesehatan serta hidup yang layak.

“Saya memiliki kewajiban untuk mendaftarkan diri dan keluarga sebagai peserta JKN-KIS, dan memang benar adanya kalau manfaat penjaminan kesehatan itu balik lagi ke diri kita sendiri. Diri dan keluarga sudah tercover kesehatannya seumur hidup, jadi tak ada lagi kekhawatiran. Rugilah pokoknya kalau tidak segera menjadi peserta.” Ucap Kasma

Sedia payung sebelum hujan, itulah yang pantas menggambarkan bagaimana pentingnya memiliki jaminan kesehatan sebelum terlanjur sakit. Berkorban sedikit tetapi manfaat yang didapatkan sangatlah besar.

“Saya jarang menggunakan kartu saya, tetapi ada sanak saudara yang memang lumayan rutin memakainya. Alhamdulillah tidak ada sepeserpun biaya yang harus kami keluarkan lagi, baik biaya perawatan di rumah sakit ataupun ketika ada obat tambahan yang diberikan kepada pasien. Pokoknya pasien inshaa Allah diberikan yang terbaik, fokus pada kesembuhannya saja tidak perlu pusing memikirkan biaya,” tambah Kasma

Kasma juga menyampaikan pendapatnya terhadap fenomena peserta yang telah memanfaatkan Program JKN-KIS ke fasilitas kesehatan, dan selanjutnya menunggak.

”Manfaat boleh kita dapatkan, tapi janganlah lupa menjadi warga Negara yang disiplin juga dengan tertib membayar iuran. Nanti bakalan susah sendiri loh kalau sakit terus menunggak, ujungnya salahkan orang lain padahal diri sendiri yang tidak disiplin. Agar kartu akan selalu aktif juga kita aktif dalam membantu teman, sanak saudara, ataupun masyarakat lainnya yang memang lebih membutuhkan dengan sistem gotong royong,” katanya.

Sebagai penutup Kasma mengutarakan harapannya, semoga Program JKN-KIS bisa selalu memberikan yang terbaik buat masyarakat yang percaya pada program ini. Dan bagi yang masih ragu, untuk menghilangkan keraguannya karena sudah banyak terbukti dimanapun kalau programnya sangat membantu masyarakat Indonesia. (Jamkesnews)

Pos terkait