MAKASSAR CITY

Program BPJS Satu, Wujud Perhatian Ke Peserta

Program BPJS Satu, Wujud Perhatian Ke Peserta

Palopo, Upeks.co.id–BPJS Kesehatan adalah badan yang ditunjuk sebagai penyelenggara tunggal jaminan kesehatan yang ada di Indonesia. Sadar menjadi penyelenggara tunggal, BPJS Kesehatan tentunya tidak berdiam diri untuk memberikan hal yang terbaik dalam hal pelayanan kesehatan. Setiap harinya selalu berbenah dan melakukan evaluasi agar mencapai hasil yang maksimal.

Tidak main-main, setelah diluncurkannya aplikasi Mobile JKN sebagai aplikasi kesehatan yang kekinian disusul dengan antrean elektronik yang semakin meringkaskan peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Kini, BPJS Kesehatan lebih meningkatkan kunjungan langsungnya untuk memantau kebutuhan peserta. Program ini dikenal dengan Program BPJS SATU!. BPJS SATU! ini merupakan salah satu dari 10 komitmen BPJS Kesehatan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan. Menjawab berbagai pertanyaan peserta yang kiranya masih menjadi tanda tanya selama ini. Karena terkadang masih ada beberapa peserta yang belum terlalu paham dalam proses pelayanan kesehatan ini.

Lukman sebagai petugas BPJS SATU! yang bertugas hari itu mengaku senang bisa terjun langsung kelapangan, melihat, dan menjawab setiap pertanyaan peserta.

“Jadi tidak ada istilah kami bekerja hanya dibelakang komputer saja, kami sering melakukan kunjungan ke setiap rumah sakit dan Puskesmas yang berada di wilayah kerja masing-masing. Berharap bisa lebih membantu peserta jika mengalami kebingungan dalam setiap prosesnya. Membantu peserta dalam mengoptimalkan lagi penggunaan aplikasi Mobile JKN, agar tak perlu repot datang ke kantor untuk mengurus atau hanya sekedar ingin mengetahui berapa iuran yang akan dibayarkan. Kami datang untuk menjawab masalah pelayanan kesehatan peserta,” jelas Lukman.

Terkadang di lapangan, masih ditemui belum meratanya penyampaian informasi yang didapatkan oleh peserta, masih sering terdengar kabar yang simpang siur. Maka dari itu dengan lebih dirutinkan lagi kunjungan langsung BPJS SATU! dapaat meluruskan kabar atau informasi tersebut.

“Saya merasa senang yah ketika ada petugas khusus yang datang ke kami, menanyakan apa kesulitan kami dalam proses mendapatkan pelayanan kesehatan. Saya pribadi merasa lebih diperhatikan, pikiran saya lebih terbuka akan informasi yang lebih update. Maklum banyak sekali informasi soal Program JKN saat ini, semenjak adanya penyesuaian iuran,” kata salah satu peserta yang ditemui Jamkesnews, Ratih.

Ratih mengatakan dengan adanya BPJS SATU! yang menghampirinya, kini ia jauh lebih bisa mengerti tentang Program JKN, dan dia berkata akan meneruskan informasi yang didapatkan ke keluarga dan kepada orang-orang yang berada di lingkungannya. (jamkesnews)

#TRENDING

To Top