PkM Dosen FAI-UMI Bekali Majelis Taklim Keterampilan Penyelenggaraan Jenazah

  • Whatsapp
PkM Dosen FAI-UMI Bekali Majelis Taklim Keterampilan Penyelenggaraan Jenazah

PkM Dosen FAI-UMI Bekali Majelis Taklim Keterampilan Penyelenggaraan Jenazah

MAROS.UPEKS.co.id—Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (FAI-UMI), Dr. H. Abdul Rauf  Assagaf, M.Pd dan Dr. Surani, S.Ag.,M.Ag laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) tahun 2020 di  Maros.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini bentuk implementasi dari program tri dharma perguruan tinggi dengan melaksanakan pengabdian  kepada masyarakat bertema “Manajemen Pembinaan bagi Majelis Taklim Assakinah melalui Pelatihan  Penyelenggraan Jenazah” di Kelurahan Allepolea Kec. Lau Kabupaten Maros, Sabtu, 11 Juli 2020).

Implementasi progam pengabdian tersebut merupakan kegiatan Internal bagi dosen UMI dibawah naungan  Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) dengan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Pelatihan diikuti 45 peserta terdiri dari Imam Masjid, Imam Kelurahan, para pengurus dan anggota Majelis Taklim  Assakinah Kelurahan Allepolea Kecamatan Lau.

Kegiatan berlangsung di Masjid Nurul Ittihad Hj. Asseng Taba Kabupaten Maros.

Para peserta dapatkan materi teori dan praktikum; Pengenalan tentang keutamaan mengurus jenazah dalam Islam, Tata cara
penyelenggaraan jenazah yakni; memandikan, mengkafankan, menyaalatkan, dan menguburkan.

Pemateri, Dr. H. Abdul Rauf Assagaf, M.Pd yang juga Sekretaris LPkM-UMI.  Setelah itu dilanjutlan sesi tanya  jawab dipandu Tim PkM UMI.

Sementara itu, anggota  Tim PkM-UMI, Surani menyampaikan, dalam pengabdian masyarakat ini,peserta dibekali  pengetahuan dan keterampilan khususnya para Pengurus dan anggota Majelis Taklim Assakinah.

Diharapkan, dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam pelaksanaan penyelenggaraan  jenazah di masyarakat.

Selama kegiatan berlangsung, Tim PkM UMI) tetap memberlakukan protokol kesehatan bagi peserta dengan  membagikan masker kepada peserta pelatihan, pemberian Hand Sanitizer / Antiseptic perbersih tangan sebelum  masuk, dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu, Lurah Allepolea H. Abdul Azis Alimuddin, SIP yan mengikuti kegiatan awal hingga menutup acara  menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih atas program ini.

”Pelatihan ini sangat dibutuhkan masyarakatnya dan secara langsung dapat menambah pengetahuan serta  keterampilan seluk-beluk mengurus jenazah dengan baik dan benar sesuai tuntunan agama. Terutama bagi  masyarakat di Kelurahan Allepolea-Maros,” kata Abdul Azis.

Di akhir acara, AbdulAzis berterima kasih pada UMI karena menetapkan pelaksanaan PkM UMI tahun 2020 di  Kelurahan Allepolea Kabupaten Maros. Semoga semoga program dapat berkelanjutan dengan program-programi  yang lain, tentunya untuk pemberdayaan masyarakat kami khususnya ibu-ibu Majelis Taklim. (rls).

Pos terkait