Permudah Peserta PRB Selama Pandemi Covid-19, Apotek Ini Siap Antar Obat Sampai Ke Rumah 

  • Whatsapp
Permudah Peserta PRB Selama Pandemi Covid-19, Apotek Ini Siap Antar Obat Sampai Ke Rumah 
Narasumber : Anugrah Rahmat Rusli
Permudah Peserta PRB Selama Pandemi Covid-19, Apotek Ini Siap Antar Obat Sampai Ke Rumah 
Narasumber : Anugrah Rahmat Rusli

Polewali, Upeks.co.id – Sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Covid-19, pemerintah indonesia telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia. Pembatasan di beberapa wilayah ini juga berdampak pada sektor pelayanan kesehatan khususnya dalam hal penyediaan obat pasien Program Rujuk Balik (PRB).

PRB merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS penderita sembilan penyakit kronis, yaitu penyakit diabetes melitus, hipertensi, jantung, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), epilepsy, stroke, schizophrenia, Systemic Lupus Erythematosus (SLE) dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan jangka panjang di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi atau rujukan balik dari dokter spesialis atau sub spesialis yang merawat.

Bacaan Lainnya

Pasien penderita penyakit kronis tentu membutuhkan persediaan obat yang cukup untuk menjaga kestabilan kesehatannya. Ditemui disela-sela kegiatannya, penanggung jawab Apotek Kimia Farma Kabupaten Polewali Mandar Anugrah Rahmat Rusli mengungkapkan, selama masa darurat Covid-19, Apotek Kimia Farma Kabupaten Polewali Mandar sudah mempersiapkan stok opname obat.

“Untuk obat PRB sampai dengan dua atau tiga bulan ke depan stok yang tersedia saat ini masih mencukupi,” terang Anugrah.

Anugrah melanjutkan, selama masa pandemi, untuk menjaga kualitas pelayanan terhadap peserta JKN-KIS yang merupakan pasien PRB pihaknya telah menjalankan perlakuan khusus.

“Selama masa pandemi, Apotik Kimia Farma bersedia mengantarkan obat ke rumah pasien PRB. Ini kamu lakukan untuk mempermudah pasien JKN-KIS. Setiap bulan juga kami akan menghubungi peserta tersebut untuk sekedar mengingatkan agar tigak lupa untuk melakukan perpanjangan obat,” terangnya.

Anugrah juga berkomitmen dalam masa darurat ini bahwa pihaknya akan terus mengawasi stok dan penyediaan obat PRB.

“Stok opname obat akan selalu dilakukan untuk memonitor obat yang akan habis sehingga dapat menghindari terjadinya kekosongan obat. Kami pastikan penyediaan obat bagi peserta JKN-KIS akan tetap berjalan seperti biasa,” jelas Anugrah. (Jamkesnews)

Pos terkait