Perda Percepatan Pembangunan Pedesaan, Tambah Sumber Keuangan Desa

Perda Percepatan Pembangunan Pedesaan, Tambah Sumber Keuangan Desa

Perda Percepatan Pembangunan Pedesaan, Tambah Sumber Keuangan Desa

PANGKEP,UPEKS.co.id — Peraturan daerah(Perda) Provinsi Sulawesi Selatan nomor 9 tahun 2019 tentang  fasilitasi percepatan pembangunan pedesaan telah terbit. Hadirnya perda ini, menjadi acuan tambahan sumber  keuangan desa.

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Sulsel Sofyan Syam mengatakan, Perda ini lahir berkat aspirasi masyarakat yang berharap ada  bantuan provinsi untuk pembangunan desa.

Olehnya itu, ia berharap anggaran desa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk maayarakat.

“Dan saya berharap masyarakat untuk ikut mengawasi anggaran yang ada di desa, karena itu adalah uang kita,  uang rakyat,”ujarnya saat mensosialisasikan Perda ini dihadapan Pemerintah desa dan masyarakat desa  Punranga, Kecamatan Ma’rang, Jumat(17/7/20).

Sementara itu, Kepala bidang pemerintahan desa, Dinas Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa,  Zulfadli mengatakan, selama ini sumber keuangan desa ada dua, APBN dan APBD.

“Yang bersumber dari APBN disebut Dana Desa(DD), sementara yang bersumber dari APBD Kabupaten namanya  Alokasi Dana Desa(ADD),”katanya saat membawakan materi.

Lanjutnya, dengan adanya Perda Provinsi Sulsel nomor 9 tahun 2019 tentang fasilitasi percepatan pembangunan  pedesaan ini, ada tambahan keuangan desa dari Pemprov Sulsel.

“Bantuan keuangan dari provinsi nantinya ada dua jenis, berupa uang dan program yang melekat pada  OPD,”tambahnya. (Sah)

Pos terkait