ANEKA

Pemkab-KOMPAK Tingkatkan Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa

Pemkab-KOMPAK Tingkatkan Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa

BANTAENG,UPEKS.co.id–Dalam rangka meningkatkan Layanan Adminduk berbasis Kewenangan desa, pemkab  Bantaeng kerjasama KOMPAK gelar Workshop Penyusunan Rencana Kerja Forum Koordukcapil (PRKFK)  Bantaeng secara gabungan Virtual Meeting Face To Face.

Kegiatan ini dihadiri 40 peserta dari 20 orang pengurus Forum Koordukcapil,10 Pejabat Disdukcapil, PLTKadis  DPMD PP dan PA Kabupaten Bantaeng, dan Fasiliator serta Pembina Forum Koordukcapil.

Acara berlangsung Rabu,22 hingga Kamis,23 Juli 2020. Khusus Pesertanya ditempatkan di Hotel Ahriani  Bantaeng dengan Protokol Kesehatan secara Ketat.

Menurut Baharuddin Solongi, DC KOMPAK Bantaeng, tujuannya fasilitasi Forum Koordukcapil Kabupaten  Bantaeng menyusun tujuan, Program dan peran forum.

Selain itu,juga Menggali harapan para Koordukcapil terhadap keberadaan forum dalam peran mereka membantu  percepatan Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD).

Selanjutnya kata dia, menggali harapan DPMD, Dukcapil, dan Pemdes terhadap kehadiran forum dalam  mendukung percepatan LABKD,jelas Baharuddin.

Pemkab-KOMPAK Tingkatkan Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa

Ditambahkan,Koordinator Kependudukan dan Catatan Sipil adalah staf Desa dan Kelurahan yang diangkat oleh  Kepala Desa dan Lurah di 67 Desa/Kelurahan di Bantaeng,Katanya.

Inisiatif Koordukcapil di Desa dan Kelurahan dipicu terbatasnya sumber daya manusia (SDM), anggaran, dan  kemampuan lainnya dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam memberikan pelayanan.

Padahal pelayanan sangat dibutuhkan terutama oleh masyarakat miskin dan rentan (termasuk rentan adminduk)  yang berada di wilayah perdesaan atau pegunungan.

Keterbatasan anggaran ini menyebabkan Disdukcapil tidak optimal dalam memberikan pelayanan.Beranjak dari keterbatasan tersebut, KOMPAK mempertimbangkan kemampuan Desa untuk memfasilitasi kebutuhan dokumen kependudukan bagi warganya.

Melalui dukungan teknis dan fasilitasi KOMPAK, Bantaeng telah membuat SK Penugasan bagi Koordukcapil di 67  Desa/Kelurahan.

Saat ini Kabupaten Bantaeng dengan dukungan KOMPAK juga memiliki Peraturan Bupati tentang Kewenangan Lokal Skala Desa yang memasukkan layanan adminduk sebagai salah satu kewenangan desa dengan sumber penganggaran dari APB Desa,Pungkas Baharuddin.

Narasumber,Kadisdukcapil Bantaeng Drs.M.Ali Imran, MM,Plt Kadis DPMD PPdan PA Bantaeng Harmoni, MSi dan Meutia Aulia Rahmi dari PUSKAPA UI Jakarta. Serta Fasilitator,Rahman Ramlan, Siswan Tiro, Sitti Rohani, Baharuddin Solongi dan Sarwan Sahabuddin.(Irwan.P)

#TRENDING

To Top