ANEKA

Lebaran Tahun ini, Populasi Hewan Kurban di Gowa Meningkat

Lebaran Tahun ini, Populasi Hewan Kurban di Gowa Meningkat

GOWA, UPEKS.co.id– Kebutuhan masyarakat Gowa untuk beribadah kurban pada hari Raya Idul Adha 1441  H tahun ini dipastikan lebih mudah mendapatkan hewan kurban, pasalnya tahun ini Populasi sapi kurban mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Peternakan dan perkebunan Kabupaten Gowa, Suhriati mengungkapkan jumlah hewan kurban  tahun ini melebihi jumlah tahun lalu, ada penambahan seribu ekor populasi Sapi.

“Untuk hewan kurban sapi itu kita punya 6112 ekor, sedangkan kambing ada 575 ekor. Jadi populasi sapi itu ada  tambahan kurang lebih seribu ekor, dimana tahun lalu hanya kurang lebih 5000 ekor saja,”ungkapnya, Senin  (20/7/2020)

Ia menjelaskan, untuk pasokan hewan kurban seperti sapi itu ada dibebeapa kecamatan, seperti dari kecematan  Biringbulu, Tompobulu, Bungaya dan Somba Opu. Namun dari beberapa kecamatan yang ada, Somba Opu yang  tertinggi, yakni ada 1.500 ekor Sapi.

Lebaran Tahun ini, Populasi Hewan Kurban di Gowa Meningkat

“Untuk populasi sapi terbanyak itu ada di kecamatan Somba Opu. Tapi kita tetap ada pasokan dari luar kabupaten,  yakni dari Bone dan Sinjai,”Jelasnya pula.

Selain itu untuk memastikan hewan kurban layak di sembelih dan dikomsumsi, Dinas Peternakan Kabupaten  Gowa mengaku terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat pada hewan kurban.

“Sejak kemarin kita sudah lakukan pemerikasaan hewan kurban di setiap kecamatan. Jadi hewan yang layak  dikurbankan itu sudah melalui tes kesehatan dan mengantongi surat keterangan dan Dinas Peternakan, Jadi  masyarakat tidak usah ragu lagi,”katanya.

Olehnya itu masyarakat yang ingin berkurban kata Suhriati juga haru teliti melihat hewan tersebut. Ia menyebutkan  untuk membeli sapi ada beberapa ciri yang harus diketahui dan diperhatikan.

“Jadi sapi kurban itu haru memiliki usia minimal 2 tahun, harus sehat secara fisik, mulai dari mata, kaki tidak  pincang dan kulitnya sapi juga bersih dan mengkilap,”terangnya.

Terkait harga hewan kurban, Suhriati mengatakan untuk satu ekor sapi dengan berat 60- 70 Kg itu dijual dipasaran  Rp.12.400.000.

“Harga hewan kurban itu sesuai dengan beratnya. Untuk sapi berat 60-70 Kg itu Rp.12.400.000,”Jelasnya.  (Sofyan)

#TRENDING

To Top