Kembangkan Ide Kreatif, Kalla Group Hadirkan Saoraja Ideas Competition 2020

Kembangkan Ide Kreatif, Kalla Group Hadirkan Saoraja Ideas Competition 2020

Kembangkan Ide Kreatif, Kalla Group Hadirkan Saoraja Ideas Competition 2020

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Untuk bertahan dalam kondisi pandemic yang mengorbankan banyak sektor ekonomi,
masyarakat Indonesia dituntut untuk menyiapkan inovasi untuk menghadapi stiuasi new normal yang tidak  terhindarkan.

Bacaan Lainnya
 

Menyadari hal tersebut, Kalla Group kembali membuka ruang setiap anak muda dengan ide digital kreatif untuk  menantang diri dalam Kalla Saoraja Ideas Competition yang resmi akan launching pada gelaran Kalla Fair 2020, 18  Juli mendatang.

Saoraja Hub dibangun dengan kepercayaan bahwa orang Indonesia memiliki banyak potensi kekayaan intelektual  yang harus digali dan ditinjau untuk selanjutnya dapat dioptimalkan secara komersial.

Menurut, Damoza Nirwan, Vice President of Business Development Kalla Group, Saoraja Hub diharapkan bisa  menjadi penggerak potensi ekonomi digital kreatif Indonesia.

“Hal itu bisa dicapai melalui optimalisasi nilai komersial sebuah kekayaan intelektual masyarakat Indonesia demi  kemajuan bangsa dalam misi besar mendorong perkembangan komersialisasi kekayaan intelektual (IP) serta  mendukung penuh pertumbuhan startups di Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur,”ujarnya.

Setelah sebelumnya sukses pada batch pertama, kali ini Saoraja Hub akan berkolaborasi dengan Kalla Business  School dan Innovation Project untuk lebih banyak menemukan potensi inovasi bisnis dan solusi menarik dari  masalah sehari-sehari.

Kompetisi ini terbuka untuk eksternal Kalla Group yang terdiri dari semua kalangan dari Siswa, Mahasiswa, Start up  dan pelaku Industri Kreatif yang memiliki Ide Business dan atau telah menjalankan Business sebagai Startup.

Tidak  hanya Eksternal, kompetisi ini juga terbuka untuk Internal karyawan Kalla Group.

“Peserta Kalla Soaraja Ideas Competition akan mendapatkan fasilitas mentoring dan mentorship terbaik, akselerasi  ide bisnis dan akses terhadap para investor untuk pengembangan dan komersialisasi. Sehingga sangat rugi jika  punya ide bisnis atau startup yang tengah berjalan namun tidak mengikuti kompetisi ini,” Lanjut, Damoza.

Proses pendaftaran akan dibuka pada 18 Juli 2020 pada 17.00 WITA hingga September 2020 mendatang. Para  calon peserta mengirimkan ide bisnis atau Prototype & Business Plan melalui website di www.saorajahub.com.

Para peserta kemudian memasuki fase screening dimana peserta dengan kategori ideas terbaik akan masuk ke  fase Inkubasi untuk mematangkan ide bisnis mereka.

Sedangkan peserta dari kategori startup akan melewati screening untuk masuk ke fase akselerasi untuk  meningkatkan kapasitas dari startup tersebut melalui kegiatan sharing session dan mentoring.

Para Startup tersebut kemudian harus membuktikan hasil dari fase akselerasi tersebut terhadap perkembangan  bisnis startup mereka. Setelah fase tersebut, akan dipilih 3 (tiga) best ideas dan 2 (dua) best startup untuk  memenangkan hadiah total puluhan juta Rupiah.

Para pemenang kemudian mengikuti proses screening tahap selanjutnya untuk menentukan siapa saja yang  berhak mendapatkan pendanaan (funding), co-working spaces dan sinergi dengan portfolio bisnis Kalla Group  kedepan. Seluruh fase tersebut akan berlangsung hingga Maret 2021 mendatang.

Rektor Kalla Business School, Syamril S.T.,M.Pd. mengungkapkan bahwa Kalla Business School akan  mendukung Kurikulum Inkubasi dan akselerasi, dan publikasi melalui media sosial sepanjang Saoraja Ideas  Competition 2020.

“Saoraja yg menggandeng Kalla Business School (KBS) sebagai pendukung kegiatan ini adalah bentuk  keterlibatan KBS sebagai kampus untuk memperluas pengabdian masyarakat. Utamanya terkait edukasi  kewirausahaan di kalangan pelajar dan mahasiswa. Mahasiswa Kalla Business School juga berpeluang untuk
berpartisipasi mengajukan ide bisnis inovatifnya,” ujar, Syamril.

Untuk info lebih lanjut seputar Saoraja Hub dan Saoraja Ideas Competition 2020 dapat menghubungi via email ke
[email protected] atau [email protected]

Saoraja Hub dimulai dengan diadakannya Program Saoraja Innovative Ideas Competition (SSIC) 2019, Launching  pada Kalla Youth Festival yang diadakan di NIPAH Mall & Office Building pada November 2018. SSIC 2019 dibuat  sebagai ajang untuk menjaring ide-ide kreatif para startup di Indonesia Timur.

Diikuti oleh ±20 Startup di Indonesia Timur dengan berbagai Ide bisnis yang didaftarkan melalui  www.saorajahub.com, hingga 28 februari 2019 lalu.

Dilanjutkan dengan proses penyaringan Startup, hingga terpilih 5 startup yang mengikuti Bootcamp Saoraja Hub  pada 2 – 5 Mei 2019. Adapun Startup terpilih untuk mengikuti Bootcamp, diantaranya: Aidu (Education), Digital  Desa (Government), Mall Sampah (Environment), Panen Mart (Agricultural) dan Perawat.Id (Health).

Bootcamp Saoraja Hub dilaksanakan selama 3 hari, dibuka langsung Oleh Solihin Jusuf Kalla selaku President  Director Kalla Group dan Disa R. Novianty sebagai Corp. Strategic & Development Director. Menghadirkan pelaku  Industri Creative Indonesia dalam memberikan Sharing Session & In class training kepada 5 Startup yang telah  terpilih di Makassar.

Pada hari terakhir Bootcamp Saoraja Hub, 5 Startup melakukan Demo (Pitching) terkait Business Ideas yang  dimiliki.

Team Saoraja Hub melakukan penialaian terhadap Aspek: Reliability, Scalability, Traction, Market Size &  Potential, Business Model & Startup Founders. Setelah itu, dilakukan pemilihan 3 Startup dengan nilai tertinggi  untuk maju ke fase Incubation.

Fase Inkubasi sendiri menggunakan metode In Class Training selama 3 bulan, dimulai pada bulan Desember 2019  – Februari 2020 dengan tiga pilar utama yakni Investor, Mentor dan Strategic Consultant. Incubation class Saoraja Hub menggunakan kurikulum yang dirancang khusus oleh Team Saoraja Hub untuk di Aplikasikan sebagai salah  satu upaya melakukan akselerasi bisnis yang telah dioperasikan Startup peserta Saoraja Hub. Adapun Tiga Pilar
Saoraja Hub antara lain :

Venture Funds
a. Untuk Startup pada masa Early & Growth Stage
b. Berfokus pada Startup dengan Potensi Intellectual Property
c. Target memberikan 2 Investasi per tahun

Co-Working Space

a. Menyediakan Co-Working Space untuk digunakan Startup Binaan Saoraja Hub yang bertempat di BIKIN-BIKIN
Creative Hub, 1st Floor NIPAH Mall & Office Building

b. BIKIN-BIKIN Creative Hub juga berfungsi sebagai Startup Accelerator.

Synergy with Kalla Group Portfolio

a. Kalla Group memiliki Jaringan Perusahaan yang luas, serta anak perusahaan yang beroperasi diberbagai lini
usaha, yang dapat membantu Startup Binaan Saoraja Hub.

b. Dengan pengalaman selama 67 Tahun yang dimiliki Kalla Group, Startup Binaan Saoraja Hub akan diberikan kesempatan untuk melakukan Transfer Knowledge on Business Process & Operations dengan praktisi Business Kalla Group

c. Memiliki Brand Image yang kuat dan terpercaya sebagai Kalla A Group of Comapanies yang akan menambah  nilai jual Startup Saoraja Hub.

d. Internal Synergy yang dilakukan dapat membantu Meningkatkan Traction & Market Share yang dimiliki Startup  binaan Saoraja Hub. (rls).

Pos terkait