Kakanwil Kemenkumham Sulsel Kunker ke Wajo, Ini Tujuannya

  • Whatsapp
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Kunker ke Wajo, Ini Tujuannya

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Kunker ke Wajo, Ini Tujuannya

WAJO,UPEKS.co.id — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto
kunjungan kerja ke Kabupaten Wajo.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungannya, Kakanwil yang didampingi Kepala Rutan Sengkang, Sahril Efendi DM diterima Bupati Wajo,  Amran Mahmud di Rumah Jabatannya, Kamis (29/07/2020).

Kedatangan Harun terkait koordinasi pendaftaran Kekayaan Intelektual (KI), Layanan Keimigrasian, Harmonisasi
Produk Hukum Daerah, Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Terkait KI, Kakanwil mengkoordinasikan terkait Kekayaan Intelektual Kabupaten Wajo yaitu Tenun Sutera  Sengkang dan Tradisi Lisan Massureq yaitu membacakan lontara dengan cara melagu dan tidak menggunakan
musik.

“Kedua potensi kekayaan intelektual komunal ini yang perlu didaftarkan dan dicatatkan,” kata Harun.

Sementara itu, terkait keimigrasian, pihak Kanwil Kemenkumham Susel berencana menghadirkan layanan Eazy  Paspor di Kabupaten Wajo.

“Eazy Paspor ini untuk mempermudah masyarakat membuat paspor tanpa harus ke kantor Imigrasi. Jadi petugas  akan mendatangi pemohon untuk melakukan foto dan wawancara di lokasi yang telah ditentukan,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Bupati Wajo, Amran Mahmud mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah giat  melakukan inventarisir Kekayaan Intelektual.

“Salah satunya adalah lawa bale atau lawa ikan merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Wajo, Provinsi  Sulawesi Selatan,” ujar Amran

Makanan khas ini, kata Amran, berbahan dasar ikan mentah segar seperti ikan nila, ikan kande, ikan doyo dan  ikan cambang yang diambil langsung dari Danau Tempe Kota Sengkang.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut, turut dihadiri Kabag Hukum, Andi Elfira, Kepala Badan Pendapatan Daerah,  A.Pallawarukka, Kepala Dinas Sosial P2KB, Drg. Daniel, Kepala Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, A. Bau  Manussa, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Hasnah dan Juga Kepala kesatuan Pengamaman Rutan Sengkang,
Syamsuddin H. (Min).

Pos terkait