Kader JKN Tak Mengenal Waktu Sosialisasikan Program JKN

  • Whatsapp

Narasumber: Lili Sumarni

Parepare, Upeks.co.id – Kader JKN adalah individu yang bekerjasama sebagai mitra BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kemitraan yang menjalankan sebagian fungsi BPJS Kesehatan dalam suatu wilayah tertentu. Kader JKN berasal dari masyarakat, tumbuh dan berkembang di lingkungan wilayah tersebut. Kader JKN merupakan orang yang memiliki kapasitas sesuai dengan kriteria tertentu dan direkrut oleh BPJS Kesehatan sebagai mitra, untuk melakukan fungsi tertentu di suatu wilayah tertentu, yaitu Fungsi Pengingat dan Pengumpul Iuran, Fungsi Pemasaran Sosial, Fungsi Kepesertaan, Fungsi Pemberi Informasi dan menerima Keluhan.

Bacaan Lainnya

Lili Sumarni merupakan salah satu kader yang ada di wilayah kerja Kantor Cabang Parepare yang memperoleh nilai tertinggi sepanjang tahun 2019 dalam perolehan nilai kolektabilitas dan merupakan salah satu diantara delapan Kader JKN yang ada di wilayah kerja Cabang Parepare.

“Saya menjadi Kader JKN sejak akhir tahun 2018, dan saya merasa sangat bangga menjadi Kader JKN,” ujar wanita yang terkenal enerjik ini.

Sesuai dengan tugas dan fungsi Kader JKN, Lili rutin melakukan kunjungan ke warga binaannya untuk melakukan edukasi kepada peserta menunggak untuk membayar iuran agar kartu bisa aktif serta tidak mengalami kesulitan saat berobat. Ia sebagai Kader JKN juga tak henti-hentinya siap membantu pendaftaran peserta JKN-KIS.

“Karena saya sudah mengenal daerah binaan saya, jadi saya tak segan mengajak masyarakat yang ada di kabupaten Sidenreng Rappang untuk bergabung bersama menjadi peserta JKN-KIS” Kata Ibu dari empat orang anak ini.

Selama menjadi Kader JKN, banyak suka duka yang dialami wanita 46 tahun ini, ia mengaku pernah dibentak oleh peserta yang menunggak.

“Hal tersebut tidak membuat saya patah semangat, justru saya menjadi semakin semangat untuk membina peserta tersebut dengan menyampaikan terkait Program JKN-KIS yang masyarakat tidak mengetahui atau memahami, dan saya menjadi senang ketika pada akhirnya peserta merasa terbantu dengan kehadiran saya di sana,” Katanya.

Salah satu warga binaan Lili di Kabupaten Sidenreng Rappang, Novianti mengatakan kesan yang ia terima sesaat setelah dikunjungi Kader JKN.

“Kami merasa terbantu karena Bu Lili datang kesini, ia menjelaskan tentang manfaat Program JKN dan juga mensosialisasikan aplikasi Mobile JKN, cara registrasi dan menjelaskan fitur-fitur Mobile JKN,” kata Novianti. (Jamkesnews)

Pos terkait