MAKASSAR CITY

JKN – KIS Salah Satu Jalan Kesembuhan Pasien

JKN - KIS Salah Satu Jalan Kesembuhan Pasien

Palopo,  Upeks.co.id–Kiki (36) adalah seorang perawat yang ditugaskan khusus menangani pasien hemodialisa atau yang biasa dikenal dengan pasien yang akan menjalani proses Cuci Darah dikarenakan fungsi ginjal yang sudah tidak optimal lagi. Setidaknya ada 5 sampai 6 pasien yang dirawat untuk sekali prosesi Cuci darah tersebut, sekali prosesi memakan waktu 4 sampai 5 jam.

“Tak kenal lelah kami melayani pasien dengan berbagai latar belakang, baik tua maupun muda semua kami tangani dengan baik. Melihat besarnya keinginan para pasien untuk sembuh, membuat saya dan tim yang lain pun semakin bersemangat. Mereka ingin sembuh karena mereka sudah tidak khawatir lagi soal biaya, selama ada jalan kesembuhan disitulah ada harapan. Harapan itu muncul salah satunya karena mereka sudah memiliki kartu JKN-KIS,” kata Kiki.

Begitu banyak pasien hemodialisa yang datang berobat, berharap hidup yang lebih sehat. Harapan itu pun tak hanya dipunyai oleh pasien tetapi keluarga pasien juga menginginkan dan berharap hal yang sama.

JKN - KIS Salah Satu Jalan Kesembuhan Pasien

“Banyak orang yang datang ke saya untuk menitipkan ucapan terima kasih untuk pemerintah dan BPJS Kesehatan tentang Program JKN-KIS. Program hebat katanya, program yang bisa menghapus perbedaan dalam pelayanan kesehatan. Semua sama, obat dan tindakan dokter semua sama tak ada sekali jenjang atau perbedaan dari itu semua. Lebih hebatnya lagi, biaya pengobatan mereka ini semua ditanggung. Tak ada biaya yang keluar sama sekali, masyarakat sangat merasakan perbedaan itu waktu jaminan kesehatan belum bisa dirasakan setiap lapisan masyarakat,” tambah Kiki.

Dalam pelaksanaan untuk penyakit hemodialisa, mendapatkan perhatian khusus. Yakni sebelum memulai proses pencucian darah maka pasien ini diwajibkan untuk melakukan oerekaman sidik jari (finger print), agar tidak terjadi penyalahgunaan kartu yang seperti marak terjadi. Diharapkan nantinya akan menyeluruh penetapannya.

“Saya sangat mengapresiasi program Pemerintah ini, jika ada masalah segera ditanggapi dengan serius dan komunikasinya pun sangat lancar. Jadi kami tahu kemana kami harus mengadu apabila terjadi hal-hal yang sudah menyimpang. Saya berharap, semoga kedepannya program ini semakin baik lagi. Semakin banyak yang sadar bahwa kesehatan itu penting, jadi semua harus mendaftarkan dirinya segera ke BPJS Kesehatan,” tutup Kiki. (Jamkesnews)

#TRENDING

To Top