JKN-KIS Buka Akses Layanan Kesehatan Bagi Mereka yang Tak Mampu

  • Whatsapp

JKN-KIS Buka Akses Layanan Kesehatan Bagi Mereka yang Tak Mampu

 

Mamuju, Upeks.co.id – Sejak awal kemunculan BPJS Kesehatan dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS), telah banyak masyarakat yang telah merasakan manfaatnya. Salah satunya Mista (42) yang ditemui tim Jamkesnews ketika berjualan buah durian di Jalan Arteri Kabupaten Mamuju, Kamis (19/03). Mista merupakan peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI APBD) dari Kabupaten Mamuju yang merasa sangat bersyukur telah mendapatkan Kartu JKN-KIS ini secara gratis.

“Sebagai penjual buah musiman yaitu buah durian, saya merasa diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju, karena kalau sudah tidak menjual durian biasanya saya hanya berkebun saja dan hasil yang bisa diharapkan hanya bisa biaya sehari-hari. Itupun kadang tidak cukup dengan tujuh anak saya,” tutur Mista.

Mista mengaku manfaat dari Program JKN-KIS ini sangat ia rasakan ketika istrinya harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mamuju saat akan melahirkan anaknyaKarena berbagai pertimbangan medis, istirnya harus menjalani operasi caesar.

“Jujur saya sempat khawatir takutnya operasi istri saya harus mengeluarkan biaya yang besar, sedangkan tabungan yang saya siapkan jumlahnya tidak banyak. Alhamdulillah saya tidak membayar satu rupiah pun. Segala biaya yang timbul dari operasi tersebut seluruhnya ditanggung oleh Program JKN-KIS,” papar Mista.

Mista juga mengatakan merasa sangat terbantu dan mendapatkan pelayanan yang baik dari Program JKN-KIS ini, dari rumah sakit, dari dokter maupun perawat yang merawat istrinya. Mista pun merasa begitu bersyukur sebab iuran JKN-KIS dirinya dan keluarga selama ini ditanggung oleh pemerintah daerah Kabupaten Mamuju.

“Semuanya memberikan pelayanan yang sangat baik sampai istri saya melahirkan dengan lancar dan bayi saya sehat. Kehadiran JKN-KIS ini membuat pelayanan kesehatan yang dulunya mahal harganya sekarang dapat diakses oleh kami yang kurang mampu. Akses pelayanan juga sangat mudah, yang penting ikuti prosedur yang telah ditetapkan. Pasti tim dari Puskesmas dan dari rumah sakit akan memberikan layanan terbaik untuk peserta JKN-KIS,” ujar Mista. (Jamkesnews)

Pos terkait