Jika Sakit, Bisa Konsultasi Dokter Pakai Mobile JKN

  • Whatsapp
Jika Sakit, Bisa Konsultasi Dokter Pakai Mobile JKN
Narasumber : Irma

Baubau, Upeks.co.id – Dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, seluruh masyarakat diminta agar tetap melakukan physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain. Imbauan tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang saat ini jumlahnya semakin mengkhawatirkan.

Melalui Mobile JKN, BPJS Kesehatan turut memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS agar peserta semakin tenang menjalani aktivitas di rumah. Beberapa kemudahan yang diberikan seperti pendaftaran peserta, pelayanan informasi, pengecekan iuran, serta fitur konsultasi dokter.

Bacaan Lainnya

Salah satu fitur baru pada aplikasi Mobile JKN adalah fitur konsultasi dokter yang saat ini masih dikembangkan BPJS Kesehatan dan sudah bisa diterapkan di beberapa fasilitas kesehatan tertentu. Melalui fitur ini, peserta  dapat menyampaikan keluhan dan konsultasi melalui chat dengan dokter tempat peserta terdaftar. Fitur ini sangat bermanfaat khususnya pada masa pandemi Covid-19 saat ini, yang mana peserta dianjurkan mengunjungi fasilitas kesehatan hanya dalam kondisi tertentu saja. Selain itu dokter juga bisa memantau kondisi kesehatan pesertanya meskipun tanpa melalui kontak langsung di fasilitas kesehatan.

Irma (26), salah satu peserta JKN-KIS yang telah menggunakan fitur konsultasi dokter pada aplikasi Mobile JKN, mengatakan bahwa fitur ini membuat lebih tenang, karena meskipun hanya melalui chat, dirinya bisa berkomunikasi banyak dengan dokter, menanyakan hal-hal yang harus dihindari, serta obat yang direkomendasikan.

“Sekitar 3 hari yang lalu saya merasa seperti radang tenggorokan, lalu saya melihat fitur konsultasi dokter pada aplikasi Mobile-JKN. Saya coba gunakan dan ternyata dibalas oleh dokternya. Dokter Aty Sanga di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar, menyampaikan kalau saya harus makan makanan yang tidak pedas, lebih banyak olahraga, serta menyarankan obat yang harus diminum,” ungkapnya

Irma menambahkan, dirinya pun sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan yang sangat proaktif dalam mengembangkan aplikasi Mobile JKN. Selain melalui Mobile JKN, kemudahan tersebut dapat diakses melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. (Jamkesnews)

Pos terkait