E-DABU Dan Mobile JKN Mudahkan Urusan Peserta JKN-KIS Saat Physical Distancing

  • Whatsapp
E-DABU Dan Mobile JKN Mudahkan Urusan Peserta JKN-KIS Saat Physical Distancing
Narasumber : Lucy Agustian, PT Fajar Phinisi Seaside Cabang Kendari

 

Kendari, Upeks.co.id – Physical distancing dan beraktivitas dari rumah merupakan salah satu langkah pencegahan penyebaran virus corona yang saat ini digaungkan. Dengan diterapkannya physical distancing dan beraktivitas dari rumah menjadi tantangan tersendiri bagi BPJS Kesehatan Cabang Kendari untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Program JKN-KIS, khususnya kepada badan usaha. Hal ini telah disiasati dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.

Bacaan Lainnya

Adalah aplikasi e-Dabu, aplikasi berbasis web yang dapat dimanfaatkan badan usaha untuk mengakses urusan JKN-KIS. Melalui aplikasi e-Dabu, badan usaha dapat melakukan registrasi badan usaha, penambahan dan pengurangan peserta dari perusahaan, cek tagihan, mengunduh entitas, dan juga mengubah atau melakukan pembaruan upah karyawan yang belum sesuai dengan pendapatan karyawan.

Person In Charge (PIC) PT Fajar Phinisi Seaside Cabang Kendari, Lucy Agustian, yang dihubungi tim Jamkesnews pada Senin (20/04) melalui video conference, menceritakan pengalamannya menggunakan aplikasi e-Dabu.

“Di tengah situasi pandemi virus corona saat ini, pelayanan BPJS Kesehatan saya rasa tidak terhambat sedikit pun karena adanya kemudahan yang diberikan melalui aplikasi e-Dabu. Aplikasi ini sangat membantu kerjaan kami dan lebih mengefisienkan waktu. Kami bisa dengan mudah melakukan penambahan dan pengurangan peserta JKN-KIS, cek tagihan dan melakukan perubahan data karyawan sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkap Lucy.

Lucy juga menyampaikan bahwa kemudahan layanan juga dapat dirasakan karyawan dengan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN. Pada aplikasi Mobile JKN, ada bermacam-macam fitur bertujuan untuk memudahkan peserta JKN-KIS untuk mendapatkan informasi maupun perubahan data tanpa perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

“Saya juga menginformasikan kepada karyawan agar menginstal aplikasi Mobile JKN di smartphone masing-masing. Tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan, melalui aplikasi Mobile JKN karyawan dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia seperti kartu digital, antrean elektronik di fasilitas kesehatan, melakukan perubahan fasilitas kesehatan, skrining riwayat kesehatan dan layanan lainnya. Bahkan sekarang ada fitur skrining mandiri Covid-19. Dengan menggunakan aplikasi e-Dabu dan mobile JKN meskipun dengan kondisi physical distancing dan beraktivitas dari rumah, pekerjaan tetap berjalan efektif,” kata Lucy. (Jamkesnews)

Pos terkait