Dinkes Mamasa Pastikan Mutu Layanan Puskesmas Tak Menurun Selama Pandemi Covid-19  

  • Whatsapp
Dinkes Mamasa Pastikan Mutu Layanan Puskesmas Tak Menurun Selama Pandemi Covid-19  
Narasumber : Hajai S.Tanga
Dinkes Mamasa Pastikan Mutu Layanan Puskesmas Tak Menurun Selama Pandemi Covid-19  
Narasumber : Hajai S.Tanga

Mamasa, Upeks.co.id – Menjaga jarak (physical distancing) hingga menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia menjadi langkah pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. Pada tingkat instansi dan pelayanan publik, juga dilakukan pembatasan jam pelayanan untuk mengurangi kerumunan orang. Meski berdampak pada sejumlah sektor, namun hal tersebut tidak menjadi alasan berkurangnya kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa Hajai S. Tanga mengungkapkan, pihaknya dapat memastikan bahwa tidak ada penurunan mutu pelayanan di fasilitas kesehatan, khususnya Puskesmas, terhadap peserta JKN-KIS pada wilayah Kabupaten Mamasa selama masa darurat Covid-19. Hal tersebut ia ungkapkan setelah pihaknya berkoordinasi dengan seluruh Puskesmas di Kabupaten Mamasa dalam rangka mempersiapkan protokol pelayanan kesehatan sepanjang masa darurat Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Bagi masyarakat Kabupaten Mamasa diharapkan jika tidak dalam keadaan darurat untuk tidak dulu berkunjung ke Puskesmas. Kami telah menyiapkan layanan call center yang telah tersedia di masing-masing Puskesmas, yang dapat digunakan oleh masyarakat maupun peserta JKN-KIS yang membutuhkan layanan konsultasi kesehatan non darurat. Layanan tersebut bisa diakses dengan cara telepon, SMS, maupun melalui Whatsapp,” ungkap Hajai.

Selama masa darurat Covid-19, Hajai mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa memang telah mengeluarkan kebijakan terkait pengurangan jam pelayanan rawat jalan/poli di Puskesmas. yaitu sampai dengan pukul 11.00 waktu setempat.

“Bagi pasien ataupun peserta JKN-KIS berkunjung ke Puskesmas lewat dari pukul 11.00 waktu setempat, maka akan langsung dilayani di Unit Gawat Darurat (UGD). Namun dapat kami pastikan kualitas pelayanan di Puskesmas tidak menurun,” tegas Hajai.

Hajai melanjutkan bahwa pada ruang tunggu pelayanan di Puskesmas juga sudah diatur jarak antar pasien sehingga tidak duduk pada posisi yang berdekatan.

“Kami pastikan pelayanan di puskesmas tetap berjalan seperti biasa dengan tidak mengabaikan protokol keamanan sehingga tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap pasien yang berkunjung, termasuk juga peserta JKN-KIS,” kata Hajai. (Jamkesnews)

Pos terkait