MAKASSAR CITY

Dengan Gotong Royong, JKN-KIS Penyakit Usus Saya Teratasi

Dengan Gotong Royong, JKN-KIS Penyakit Usus Saya Teratasi

Parepare, Upeks.co.id- Gotong royong adalah satu nilai kebaikan yang harus dipupuk terus di zaman now ini. Dengan melakukan bersama-sama maka sesuatu akan terasa lebih ringan, dimana gotong royong adalah sebagai salah satu prinsip penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) seyogyanya dipahami dan dimengerti oleh semua peserta.

Damar (35 tahun) peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang berdomisili di Kampung Baru, Watampulu Kabupaten Sidenreng Rappang, ketika Tim Jamkesnews melakukan wawancara, Kamis (23/01). Ia mengatakan telah banyak merasakan manfaat dari prorgam ini dimana bebarapa waktu lalu mengalami operasi usus turun (hernia) yang mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

“Selama ini saya menggunakan kartu JKN-KIS saya untuk periksa di Puskesmas ketika sakit, namun yang paling terasa manfaatnya ketika saya operasi usus turun, saat itu keluarga membawa saya ke IGD Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau Kota Parepare dalam keadaan setengah sadar,” Ungkap Damar.

Usus turun disebabkan oleh adanya kombinasi dari tekanan di dalam rongga perut dan kelemahan otot perut. Kondisi ini terjadi apabila usus menekan bagian otot atau jaringan ikat yang lemah di sekitarnya, kemudian turun ke bagian tubuh yang bukan semestinya. Usus turun bisa disebut juga dengan istilah hernia. Gejala hernia bervariasi, tergantung lokasi dan tingkat keparahan. Hernia di perut atau selangkangan ditandai dengan munculnya benjolan atau tonjolan yang dapat hilang ketika berbaring. Namun, benjolan dapat muncul kembali ketika penderita tertawa, batuk, atau mengejan.

“Saya sangat apresiasi pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan sebagai bentuk keberuntungan saya menjadi peserta JKN-KIS serta sangat bersyukur atas proses operasi usus turun saya di rumah sakit dijamin penuh tanpa mengeluarkan biaya,” sambung Damar.

Menurut Danar, Program JKN-KIS ini harus terus dipertahankan keberlangsungannya, karena banyak masyarakat yang membutuhkannya.

“Saya berharap Program JKN-KIS pemerintah dapat dilanjutkan terus karena program ini masih banyak penduduk yang mengharapkan dan masih sangat tergantung dengan JKN-KIS serta masyarakat tak perlu lagi memikirkan biaya yang besar karena sudah dijamin oleh Program JKN-KIS,” tutup Damar. (jamkesnews)

#TRENDING

To Top