Dengan Auto-Debet, Tetap Bisa Bayar Iuran JKN-KIS Di Tengah Pandemi Covid-19 

  • Whatsapp
Dengan Auto-Debet, Tetap Bisa Bayar Iuran JKN-KIS Di Tengah Pandemi Covid-19 
Narasumber : Tola (78)
Dengan Auto-Debet, Tetap Bisa Bayar Iuran JKN-KIS Di Tengah Pandemi Covid-19 
Narasumber : Tola (78)

Watampone, Upeks.co.id– Pandemi Covid-19 yang menyerang berbagai negara termasuk Indonesia, mengakibatkan pemerintah harus mengambil kebijakan pembatasan aktivitas bagi seluruh warga negara. Hal ini tentu saja juga berdampak pada kegiatan perekonomian masyarakat. Di satu sisi, keberlangsungan Program JKN-KIS yang telah banyak dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat harus terus dijaga dan membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh peserta untuk rajin membayar iuran.

Dilema inilah yang sempat dialami oleh Najira (40). Wanita yang telah terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS kelas 3 ini mengatakan bahwa ibunya, Tola (78), sering merasakan sakit dan sesak napas apabila merasa letih sehingga disarankan oleh dokter untuk rutin berobat.

Bacaan Lainnya

“Ibu saya harus rutin cek up tiap minggu. Terus terang dulu saya enggan mendaftar menjadi peserta Program JKN-KIS karena saya pikir saya masih mampu untuk membayar biaya cek up rutin tersebut. Namun setelah saya jalani, ternyata lumayan juga biayanya. Perekonomian keluarga saya mulai tidak stabil. Di satu sisi masih banyak juga pengeluaran rutin saya,” kataya mengawali cerita kepada Jamkesnews, Rabu (08/04).

Di tengah wabah virus corona, Najira berusaha tidak terlambat membayar iuran. Ia pun girang ketika mengetahui saat BPJS Kesehatan menyediakan kemudahan pembayaran iuran melalui layanan autodebit. Baik bagi peserta baru maupun peserta eksisting, kanal autodebit dapat dinikmati melalui fasilitas yang disediakan mitra perbankan BPJS Kesehatan.

“Saya jadi tidak perlu keluar rumah lagi untuk melunasi kewajiban saya membayar iuran JKN-KIS tiap bulan. Alhamdulillah sampai dengan saat ini saya rutin membayar iuran Program JKN-KIS meskipun di saat-saat wabah virus corona seperti sekarang ini. Harapannya hal ini pun dapat menjadi semangat bagi peserta yang lain agar bersama-sama menjaga kesinambungan Program JKN-KIS,” ujar Najira.

Saat ini BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan banyak channel pembayaran sebagai tempat pembayaran. Agar tetap aman dan memutus rantai penyebaran Covid-19, maka peserta diimbau tetap tinggal di rumah sehingga jika peserta mau membayar iuran bisa memanfaatkan channel pembayaran online seperti e-banking dan sms banking BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA dan e-commerce seperti Tokopedia

“Terima kasih kepada peserta yang telah membayar iuran selama ini. Secara bertahap, mitra autodebit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan akan terus diperluas dan ditingkatkan kualitas layanannya,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Watampone Anggrawati saat ditemui di ruang kerjanya. (Jamkesnews)

Pos terkait