Begini Aktivitas Kader JKN Di Tengah Pandemi Corona  

  • Whatsapp
Begini Aktivitas Kader JKN Di Tengah Pandemi Corona  

 

Begini Aktivitas Kader JKN Di Tengah Pandemi Corona  

Bacaan Lainnya

Watampone, Upeks.co.id – Dengan adanya wabah Covid-19, saat ini kegiatan kunjungan Kader JKN BPJS Kesehatan ke rumah para peserta binaan untuk sementara waktu dihentikan. Sebagai pengganti kegiatan kunjungan, aktivitas edukasi kepada peserta dioptimalkan melalui media komunikasi telepon/SMS/WA yang dapat dilaksanakan dari rumah oleh Kader JKN.

“Jadi untuk sementara, Kader JKN BPJS Kesehatan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone dalam aktivitasnya mengingatkan kepada peserta binaan terkait tunggakan iuran dilakukan tanpa tatap muka langsung. Selain itu juga kegiatan evaluasi bulanan Kader JKN dilaksanakan melalui video teleconference. Apapun medianya, langkah ini dilakukan sebagai komitmen dan kepedulian kami terhadap peserta JKN-KIS,” jelas Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan Kantor Cabang Watampone Anggrawati, Selasa (21/04).

Oleh karena itu, lanjutnya, meskipun peserta binaan Kader JKN saat ini berada di rumah saja, mereka tetap dapat melakukan pembayaran iuran melalui kanal-kanal pembayaran online, seperti e-banking dan sms banking BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, serta e-commerce seperti Tokopedia.

“Atau bahkan yang lebih praktis, peserta bisa mendaftar layanan autodebit. Kita juga sediakan layanan Chat Assistant JKN (Chika) dan Voice Interaktif JKN (Vika),” terang Anggrawati.

Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon sistem. Chika dapat diakses melalui Facebook Messenger melalui akses terlebih dahulu halaman resmi Facebook BPJS Kesehatan, kemudian klik tombol Facebook Messenger. Bisa juga dengan mengakses Telegram dengan mengetik BPJSKes-bot pada menu search untuk berinteraksi dengan Chika dan Whatsapp dengan nomor Chika 08118750400. Sedangkan Vika merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

Muliani, seorang Kader JKN BPJS Kesehatan yang saat ini bertugas untuk wilayah Kabupaten Soppeng, mengatakan ia tak pernah keberatan untuk berulang kali menelepon peserta binaannya. Justru, katanya, langkah ini menghemat waktu, biaya dan tenaganya dalam menjalankan tugasnya untuk mengedukasi masyarakat tentang JKN-KIS.

“Meskipun memang ada perbedaan secara emosi apabila kegiatan dilakukan melalui kunjungan, sebab dapat bertatap muka langsung dibanding dengan kegiatan menelpon dengan para peserta binaan. Namun edukasi melalui telepon juga punya keunggulan sendiri karena bisa dilakukan dengan lebih cepat, lebih praktis dan tidak perlu repot mendatangi satu per satu peserta binaan saya,” jelas Muliani. (Jamkesnews)

Pos terkait