APPKS Toari Demo Dinsos

  • Whatsapp
APPKS Toari Demo Dinsos
KOLAKA, UPEKS.co.id–Aliansi Pemuda Peduli Kesejahteraan Sosial (APPKS) Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi unjuk rasa di kantor Dinas Sosial(Dinsos) pada (13/7/20).
Massa yang berjumlah ratusan orang yang dikordinir oleh Hendriawan. Dalam aksinya menyampaikan aspirasi masyarakat terkait sejumlah permasalahan sosial yang terjadi di Kabupaten Kolaka khususnya terjadi di Kecamatan Toari.
Para pemuda Toari yang tergabung dalam APPKS sebelum melakukan unjuk rasa lebih dulu melakukan tindakan persuasif dengan cara mengadu kepada perwakilan rakyat untuk meminta mempertemukan dengan Dinas Sosial dan Pilar Sosial.
“Kami sangat menyesalkan banyaknya ketimpangan sosial yang terjadi di Kabupaten Kolaka khususnya di Kecamatan Toari,”ungkap Hendriawan.
Ia menjelaskan bahwa APPKS ini merupakan perwakilan dari sejumlah lembaga diantaranya PK-KNPI Toari, Pekerja Sosial Masyarakat, Gerakan Mahasiswa Kerakyatan, Hippma Kolaka Selatan, Karang Taruna dan Komunitas Macan Selatan Toari.
Dikatakannya sejumlah pengaduan masyarakat yang mengeluhkan sejumlah bantuan sosial yang tidak tepat sasaran sehingga menimbulkan keresahan dimasyarakat seperti Bantuan Pangan Non-Tunai(BNPT), Kartu Indonesia Sehat(KIS) dan Bantuan Lanjut Usia(BLU) serta sejumlah bantuan lainnya.
Terkait permasalahan ini pihak APPKS menilai Kadis Sosial tidak mampu melakukan pembinaan kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan(TKSK). Sehingga APPKS menuntut agar petugas TKSK Toari segera diberhentikan karena tidak mampu menjalankan tugasnya sebagai pilar sosial. Serta menuntut agar Kadis Sosial juga mengundurkan diri dari jabatannya.
Selanjutnya dalam menyikapi aksi APPKS ini Kadis Sosial telah membuat pernyataan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja oknum TKSK Toari. Serta menindak lanjuti sejumlah permasalahan bantuan sosial sebagaimana menjadi tuntutan APPKS.(pil)

Pos terkait