SULAWESI SELATAN

Setelah Sekian Lama Vakum, Kini Villa Bambapuang Dibuka Kembali

ENREKANG, UPEKS.co.id — Setelah lama tak beroperasi  kini Villa Bambapuang yang vakum sejak tahun 2019 mulai dibuka kembali sejak Senin (6/7/2020).kembai dibuka sejak Senin (6/7) lalu.

Villa yang terletak di Kotu, Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja itu, saat ini dikelola Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang.

Kepala Dispopar Kabupaten Enrekang Dadang Sumarna mengatakan sebenarnya Villa Bambapuang sudah mulai beroperasi awal Januari 2020 lalu. Namun, disebabkan berbagai kendala sehingga Villa tersebut baru dibuka awal bulan ini. Menurut Dadang Sumarna, salah satu kendala keterlambatan dibukanya salah satu obyek Wisata tersebut adalah mewabahnya virus Covid-19.

Alasan lainnya, Villa Bambapuang perlu dilakukan pembenahan dan penataan ulang. Sehingga, butuh waktu untuk melakukan pembenahan dan penataan itu. Banyak bagian dari Villa yang mengalami kerusakan. Bahkan, rumput-rumput di sekitar Villa sudah sangat tinggi menghampiri tinggi orang dewasa.

“Hampir dua bulan kami melakukan penataan dan perbaikan. Gedung kami cat ulang. WC yang buntu kami perbaiki, termasuk aliran air kami ganti semua pipanya. Pintu kamar yang rusak diganti. Instalasi listrik kami ganti kabel dan lampunya. Belum lagi rumput yang sudah setinggi orang dewasa kami cukur dan tata kembali menjadi taman,” jelas Dadang Sumarna.

Sebenarnya, lanjut Dadang Sumarna, Villa Bambapuang rencananya sudah mulai dioperasikan awal bulan April lalu, namun kembali terkendala wabah virus corona. “Kita sudah rencanakan akan melakukan grand opening Villa Bambapuang awal April lalu. Tapi, karena adanya himbauan untuk tidak melakukan aktifitas menyusul wabah covid-19, sehingga ditunda lagi,” lanjut Dadang Sumarna.

Saat ini, Villa Bambapuang sudah resmi beroperasi kembali seiring masuknya tatanan normal baru (new normal). “Ini akan menjadi langkah awal bagi perekonomian dan industri pariwisata di Kabupaten Enrekang untuk kembali bergeliat ditengah wabah Covid-19,” kata Dadang Sumarna.

Meskipun begitu, penerapan protokol kesehatan menjadi hal utama untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Villa Bambapuang.

“Kami akan melanjutkan kembali operasional Villa secara sepenuhnya, dengan menerapkan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam memasuki era new normal, untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan para tamu dan staf Villa Bambapuang,” Kunci Dadang Sumarna.(Sry)

Loading...

#TRENDING

To Top