PARIWARA

Pandemi Covid-19, Ini Cara Kader JKN Tetap Berikan Pelayanan 

Polewali, Upeks.co.id – Kader JKN adalah orang atau warga masyarakat yang bekerja sama sebagai mitra BPJS Kesehatan. Sehari-hari Kader JKN menjalankan sebagian fungsi BPJS Kesehatan dalam suatu wilayah tertentu. Direkrut langsung oleh BPJS Kesehatan, seseorang dapat dipilih menjadi Kader JKN jika memiliki kapasitas sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Namun, berkembangnya penyebaran Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia dan juga adanya anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing membuat aktivitas Kader JKN juga terhambat. Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Polewali Rani Ridwan Dani menjelaskan bahwa selama masa pandemi, BPJS Kesehatan telah melakukan penyesuaian dalam pelaksanaan aktivitas Kader JKN.

“Untuk aktivitas Kader JKN dengan metode door to door saat ini tentu harus dihentikan terlebih dahulu sampai kondisi penyebaran Covid-19 dinyatakan aman, sebagai penggantinya Kader JKN akan melaksanakan aktivitas dengan media komunikasi seperti telepon, SMS maupun Whatsapp,” terang Rani, Selasa (05/05).

Hal ini menurut Rani dilakukan agar berbagai kemudahan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat dengan adanya Kader JKN, tetap dapat dirasakan walaupun tanpa adanya kontak langsung.cRani melanjutkan, Kader JKN akan dibekali dengan materi edukasi yang dapat dengan mudah dipahami oleh peserta dan juga panduan cara berkomunikasi yang baik sehingga edukasi melalui media komunikasi dapat secara efektif dilaksanakan.

“Karena proses edukasi, mengingatkan peserta JKN-KIS membayar iuran, dan penanganan keluhan melalui Kader JKN akan dilaksanakan melalui media komunikasi maka penting bagi kami BPJS Kesehatan untuk memastikan komunikasi antara peserta JKN-KIS dan Kader JKN dapat berjalan secara efektif,” tambahnya.

Salah satu Kader JKN di wilayah Kabupaten Polewali Mandar, Mahyuni, mengungkapkan walaupun tanpa melakukan kontak langsung dengan peserta JKN-KIS, dirinya sehari-hari tetap menjalankan tugas sebagai Kader JKN seperti biasa.

“Aktivitasnya yang dijalankan tetap sama pak, yang berbeda hanya metodenya saja. Dengan begitu saya tetap dapat membantu peserta JKN-KIS yang mempunyai kendala maupun keluhan walaupun tanpa tatap muka,” ungkap Mahyuni

Dengan hadirnya Kader JKN, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya sekedar untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, mereka dapat langsung menghubungi Kader JKN yang ada di wilayahnya untuk mendapatkan informasi tersebut. Masyarakat juga dapat mendaftarkan diri ke dalam Program JKN-KIS, serta membayar iuran melalui Kader JKN. (Jamkesnews)

Loading...

#TRENDING

To Top