MAKASSAR CITY

FKIP UIM Hadirkan Peneliti Litbang Agama pada Acara FGD

 

MAKASSAR, Upeks.co.id–Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UIM sukses melaksanakan Forum Group Discussion melalui zoom, Kamis 9 Juli 2020.

Pada kegiatan diskusi tersebut Fkip menghadirkan Baso Marannu Peneliti Litbang Agama Kota Makassar.

Pada kesempatan itu, Baso mengatakan bahwa kunci sukses mahasiswa dalam melaksanakan penelitian adalah pemahaman terhadap teknologi informasi.

“Sekarang dibutuhkan inovasi dalam melaksanakan penelitian apalagi dalam pengumpulan data, krena para peneliti harus menerapakan protokol kesehatan”, jelas Baso.

Lanjut Baso mengatakan inovasi-inovasi penelitian harus terus dilakukan sepanjang tidak melanggar kaidah penulisan karya tulisan ilmiah.

“Data-data yg dikumpulkan peneliti harus dapat dipertanggungjawab kebenarannya, adapun cara pengumpulannya itu berdasarkan dengan kreativitas peneliti dalam melaksanakan penelitian” jelas Baso.

Lebih jauh, Pemeteri kedua Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIM Supriadi menambahkan bahwa pelaksanaan penelitian di masa pandemi bagi mahasiswa harus terus dilakukan, hal itu dilakukan sebagai upaya yang dilakukan dosen dalam mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Apalagi objek penelitian mahasiswa prodi di FKIP kebanyakan disekolah.

“Ada beberapa trik pengambilan data yg harus dilakukan mahasiswa dalam menghadapi kondisi pandemi ini, antara lain, memilih daerah yg melaksanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi seperti zom dan aplikasi lain”, jelasnya.

Lebih jauh Supriadi mengatakan subtansi dari pembelajaran adalah adanya interaksi antara siswa, guru, dan peneliti.

Dekan FKIP UIM Baddruddin Kaddas dalam sambutannya mengatakan bahwa pemahaman terhadap penerapan penelitian pada masa pandemi perlu dilakukan sebagai upaya pemahaman bersama sebagai dosen dalam mengembangkan tridharma PT.

“Perlu ada pemahaman bersama bagi sivitas akademika FKIP UIM dalam membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa” terang Badruddin.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Wr 1 UIM, Dr. H. M. Arfah Shiddiq, M.A. yang juga sesepuh FKIP. (rls)

Loading...

#TRENDING

To Top