EDUKASI BUDAYA

UMI Wisuda 1.062 Mahasiswa Virtual, Ini Harapan Rektor

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Sebagai wujud akubtabilitas, Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang terakreditasi  institusi A (unggul) kembali meluluskan dan mewisuda 1.062 orang sumber daya manusia (SDM) berkualitas  sebagai insan akademis berkarakter dan ahli dibidangnya.

Dari 1.062 wisudawan itu, 16 diantaranya ditetapkan  sebagai wisudawan/wisudawati terbaik.

Demikian penegasan Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding,SE pada Tahrij Thalabat (wisuda sarjana, profesi,  magister dan doktor UMI) periode 1 tahun 2020, Sabtu (4/7) di auditorium Al Jibra, Kampus II UMI Jl Urip  Sumoharjo. Pelaksanaan wisuda Sabtu, berlangsung dua sesi.

Wisuda sesi pertama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Hukum, Sastra,Perikanan dan Ilmu Kelautan,Teknologi  Industri, Ilmu Komputer,UMI mewisuda 560 orang, terdiri 279 orang program S-1 dan 281 Program Profesi.

Selanjutnya sesi dua, Fakultas Agama  Islam,Teknik, Kedokteran.Kesehatan Masyarakat,Farmasi,Kedokteran Gigi
dan pascasarjana. Jumlah wisudawan 502 orang terdiri, program S-1 sebanyak 106, program profesi 234,  magsiter 142 dan program Doktor 20 orang. Secara keseluruhan alumni UMI saat ini berjumlah 105.006 orang.

Wisuda dihadiri, Ketua Pembina YW UMI sekaligus Ketua Dewan Guru Besar, Prof.Dr. H. Mansyur Ramly, Ketua Pengurus YW UMI, HM.Mokhtar Noer Jaya, SE,MS) ,Ketua LLdikti Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin, Ketua pengawas  YW UMI yang, Anggota Senat UMI, Orang tua wisudawan dan wisudawati yang berbahagia para undangan serta seluruh wisudawan (i).

Kebahagiaan bagi kami civitas akademika UMI, hari ini, pada pelaksanaan wisuda virtual sesi pertama ini, hadir  beberapa tamu undangan baik dari Kementrian ESDM dan Perindustrian, Bupati Konawe Utara, Pejabat PT  Freeport dan PII Pusat serta Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh, dan yang lainnya.

Prosesi wisuda diikuti pejabat pemerintah dan pimpinan perguruan tinggi. Diantaranya Wisudawan Program Profesi Insinyur, Ir. Muhammad Khayam, MT., IPM (Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian), Ir. Nanang Untung, IPU (Tenaga Ahli Menteri ESDM, Komisaris Pertamina Hulu
Energi), Ir. Bagya Sugihartana, MM., IPU (Direktur Produksi PT. Pupuk Kalimantan Timur), Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT (Rektor Universitas Negeri Gorontalo), Ir. I Made Dana M. Tangkas, M.Si., IPU, ASEAN Eng. (Ketua Badan Kejuruan Teknik Industri PII Pusat).

Dr. Ir. Abdul Latief Baky, SH., M HUM., MSc., FIQ. IPM (Dekan Fakultas Teknik Universitas Prof. Dr. Moestopo  (Beragama)/Ketua Badan Kejuruan Teknik Pertambangan PII Pusat), Ir. Olga Catherina Pattipawaej, M.Sc., Ph.D., IPM (Wakil Rektor 1 Universitas Kristen Maranatha), Dekan FTI Universitas Islam Indonesia, Prof. Hari Purnomo, Dekan Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. Hafnidar, Dekan FTI Universitas Trisakti Prof. Indra Surjati,
Guru Besar Teknik Universitas Indonesia, Prof. Misri.

Wisudawan lainnya, Kepala Dinas PU Prov Sulawesi Tengah Ir. Syaifullah Jafar, Direktur Industri Hulu Kemenprin, Ir. Fridy Juwono, Kepala Badan Pengelola ITI Serpong Ir. Yenny dan lainnya yang tak dapat kami sebutkan satu persatu, kata rektor.

Menurut rektor, UMI mengantisipasi dinamika Pendidikan Tinggi yang berkembang saat ini, dengan membentuk  Tim Penyusun Kurikulum “Merdeka Belajar” dan “Kampus Merdeka”.

Diharapkan tahun ajaran baru 2020/2021 kebijakan ini segera dilaksanakan, sebab selama ini mahasiswa UMI  telah melaksanakan berbagai program magang di sejumlah institusi dan industri terkait.

Sebagai implementasi kerjasama yang telah disepakati, UMI bersama 12 Perguruan Tinggi di Makassar  bekerjasama BUMN, diantaranya PT. Semen Tonasa dan PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dalam program Magang Mahasiswa Bersertifikat, dan alhamdulillah mahasiswa UMI meraih penghargaan sebagai peserta
magang terbaik.

Wisuda kali ini selain berbeda pelaksanaannya wisuda sebelumnya, yaitu secara online, hari ini juga para wisudawan/wisudawati akan menerima ijazah dengan sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN) yang dikeluarkan  Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang terintegrasi pangkalan data dikti.

Selain itu, gelar sarjana, magister dan Doktor yang diberikan kepada wisudawan/wisudawati sesuai ketentuan  Permenristekdikti No. 59 Tahun 2018.

Tentunya, masih banyak tahapan lain yang menanti untuk ditunaikan, namun saya yakin dengan niat ikhlas, dibingkai dengan pengabdian kepada Allah SWT., Insya Allah semuanya akan mudah, tutur rektor mengutip Hadist yang diriwayatkan HR Tirmidzi yang artinya “Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”.

Dibagian lain rektor menungkapkan, terdapat 6 komitmen ke-UMI-an oleh Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI yang penting dan harus diimplementasikan bagi seluruh civitas akademika termasuk para wisudawan UMI hari ini.

Pertama, Kita harus Mengabdi dengan ikhlas atas dasar keimanan dan ketaqwaan dimanapun kita berada.Kedua, Kita harus Selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT apapun, kapanpun dan di manapun. Ketiga,Kita harus Memperkokoh dan memperkuat kebersamaan sesama keluarga UMI.

Keempat, Kita harus Memberikan pelayanan yang prima kepada stakeholder UMI tanpa pamrih. Kelima,Semua  program dan kegiatan kita harus berorientasi mutu, dan Keenam kesejahteraan dan kebahagiaan bagi ‘warga UMI’ termasuk wisudawan harus berdimensi dunia dan akhirat.

”Kami juga menegaskan komitmen UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah memberikan peluang sebesar-  besarnya bagi para mahasiswa berprestasi atau berlatar belakang ekonomi menengah bawah, khususnya dari  desa binaan UMI. Hal ini dilakukan dengan pemberian beasiswa, 2,5 persen dari zakat penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya,” tandas rektor. (rls).

Loading...

#TRENDING

To Top