NASIONAL

Sekian Lama Menderita Penyakit Jantung, Nenek Ini Yakin BPJS Kesehatan Akan Selalu Melayani

Baubau, Upeks.co.id–Dulu istilah “SADIKIN” (sakit sedikit jadi miskin) sangat populer bagi masyarakat indonesia, bahkan sering kali menjadi istilah dalam pemberitaan pada media nasional maupun media lokal. Hal itu disebabkan tingginya biaya pelayanan kesehatan sementara belum ada program penjaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Saat ini istilah tersebut seperti telah terkubur. Dulu masyarakat yang sakit harus dipusingkan dulu dengan biaya berobat yang cenderung tinggi. Namun seiring dengan perkembangan penjaminan kesehatan di Indonesia khususnya setelah adanya Program JKN-KIS, masyarakat yang telah menjadi Peserta Program JKN-KIS telah terbiasa berobat tanpa harus mengeluarkan biaya. Bahkan merasa aneh jika masih ada yang harus dibayar.

Kemudahan berobat tanpa harus mengeluarkan biaya tersebut, juga telah dirasakan oleh seorang nenek berusia 75 tahun bernama Tasia. Ibu rumah tangga asal Kecamatan Lea-lea Kota Baubau ini menjadi akrab dengan rumah sakit sejak 1 tahun belakangan ini. Dirinya divonis menderita penyakit jantung dan harus menjalani serangkaian pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya tersebut.

“Saya berobat kira-kira awal 2019. Waktu itu dada saya sering sakit, tapi tidak langsung ke rumah sakit. Namanya juga orang sudah tua pasti sakit itu gampang datang. Tapi lama-kelamaan sakitnya tidak hilang-hilang, justru semakin bertambah. Anak saya akhirnya memaksa saya untuk ke dokter,” ujarnya

Tasia sebelumnya memang telah menjadi Peserta JKN-KIS sebagai peserta yang dibiayai oleh pemerintah pusat dengan sumber pendanaan dari APBN. Sehingga pada saat ingin berobat tasia telah memiliki modal kartu BPJS Kesehatan yang dapat membantunya untuk berobat secara gratis.

“Di Puskesmas dulu saya periksa, kemudian disuruh ke rumah sakit. Kartu BPJS Kesehatan memang saya dari dulu sudah ada, dikasih sama pegawai kelurahan waktu itu, tapi baru saya gunakan. Dari awal berobat sampai sekarang saya tidak pernah membayar. Saya yakin kartu ini selalu bisa bikin saya dilayani di sini,” tegasnya

Tasia juga mengakui bahwa dirinya selama menggunakan kartu JKN-KIS selalu mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas Puskesmas maupun dokter di rumah sakit. Tasia merasa beruntung karena telah diperhatikan oleh Pemerintah dengan di daftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan yang selalu melayaninya dengan baik selama berobat.(Jamkesnews)

Loading...

#TRENDING

To Top