ANEKA

Lindungi Nakes, RS Bhayangkara Terapkan Protokol Berlapis

Kombes Pol dr Farid Amansyah SpPD, Kepala RS Bhayangkara memperlihatkan meme kampanye Medsos melawan Covid-19.

Makassar, Upeks–Demi melindungi Tenaga Kesehatan (Nakes) dari tertular pandemi covid-19, RS Bhayangkara menerapkan protokol berlapis.

“Banyak yang bilang itu RS Bhayangkara terlalu ketat. Memang kita menerapkan protokol pemeriksaan berlapis bagi pasien yang masuk,” ujar Kombes Pol dr Farid Amansyah SpPD Selasa (30/6).

Protokol yang diterapkan itu yakni, rapid test, foto thorax dan CT Scan. “Dengan melakukan screening seperti itu kita bisa mencegah terjadinya penularan dari pasien ke tenaga kesehatan di rumah sakit. Kalau tidak kita lakukan seperti itu, bisa jadi banyak tenaga kesehatan kita yang terpapar,” katanya.

Kendati demikian, tetap juga ada Nakes yang didiagnosa menghisap Covid-19. “Terdapat 20 tenaga kesehatan yang dinyatakan positif, tetapi hanya dua orang saja yang berhubungan langsung dengan pasien, yaitu tenaga laboratorium dua orang,” ujarnya.

Sementara 18 orang lainnya yang dinyatakan positif, tidak berhubungan langsung dengan pasien. “Mereka mungkin tertular di tempat lain, karena tidak berhubungan dengan pasien,” tambahnya. (*)

Loading...

#TRENDING

To Top