Tingkatkan Mutu Layanan, FKTP DI Kabupaten Buton Gunakan Antrean Online

  • Whatsapp
Tingkatkan Mutu Layanan, FKTP DI Kabupaten Buton Gunakan Antrean Online

Tingkatkan Mutu Layanan, FKTP DI Kabupaten Buton Gunakan Antrean Online

Buton, Upeks– Salah satu permasalahan yang dialami peserta pada saat melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan adalah waktu tunggu antrean yang belum dapat diprediksi. Terkadang jumlah antrean yang cukup ramai kita temui pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, klinik pratama dan dokter praktik maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan Lanjutan (FKRTL) seperti rumah sakit.

BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program jaminan sosial kesehatan yang diberikan tugas oleh undang-undang senantiasa mengembangkan inovasi yang bertujuan untuk memudahkan peserta dalam memperoleh manfaat jaminan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Buton Rita Amrullah menyampaikan bahwa saat ini sudah ada 3 FKTP di Kabupaten Buton yang telah menggunakan antrean online.

“FKTP tersebut adalah Puskesmas Pasarwajo, Puskesmas Banabungi, dan Dokter Praktik Adolfina. BPJS Kesehatan Kabupaten Buton juga fokus melakukan edukasi terhadap FKTP lainnya agar dapat mengikuti FKTP yang telah lebih dulu menggunakan antrean online.” Ungkap Rita Amrullah.

Untuk mengambil antrean pada FKTP yang telah menggunakan antrean online caranya sangat mudah. Yang paling utama pastikan di handphone telah ter-install aplikasi Mobile JKN. Pada menu utama aplikasi, calon pasien dapat mengambil antrean pada fitur pendaftaran pelayanan. Aplikasi Mobile JKN sendiri dapat diunduh melalui Play Store untuk gadget berbasis android dan PlayStore untuk gadget berbasis IOS.

“Dengan adanya antrean online yang terhubung dengan aplikasi Mobile JKN, diharapkan dapat efektif memangkas waktu tunggu peserta saat ingin mengakses pelayanan khususnya di FKTP. Pada aplikasi ini peserta dapat melihat nomor antrean yang telah diambil dan nomor antrean yang sedang dilayani sehingga peserta dapat memprediksi waktu tunggu. Selain itu peserta juga telah dapat memilih poli tujuan sesuai dengan keluhan yang dialami,” ungkap Rita.

Sementara itu salah satu faskes yang telah menggunakan antrean online yakni Dokter Praktik Adolfina mengatakan bahwa sistem antrean online ini sangat memudahkan peserta.

“Sangat memudahkan peserta JKN, terutama bagi mereka yang tempat tinggalnya lumayan jauh dari faskes karena mereka dapat memprediksi waktu tunggu layanan dan menentukan kapan sebaiknya datang ke faskes,” katanya.

Pos terkait