Serius Tuntaskan Masalah Banjir, Pemda Luwu Gandeng UNHAS

  • Whatsapp
Serius Tuntaskan Masalah Banjir, Pemda Luwu Gandeng UNHAS

Serius Tuntaskan Masalah Banjir, Pemda Luwu Gandeng UNHAS

Luwu, Upeks–Pemerintah Kabupaten Luwu target tahun 2021 atau paling lambat 2022, di Kabupaten Luwu banjir  sudah tertangani dengan baik, keseriusan ini dibuktikan dengan menggandeng pihak Unhas untuk melakukan penelitian ilmiah terkait banjir.

Bacaan Lainnya

Ditemui media, Rabu (10/06) Bahrianto Bachtiar menjelaskan sejak awal sudah menyarankan kepada Pemda  Luwu untuk melakukan penguatan akademik terhadap kebijakan, termasuk dalam penanganan banjir.

Salah satu hal yang harus dilakukan yakni penelitian tentang banjir di beberapa daerah aliran sungai. Terkait hal  ini membutuhkan data ilmiah dan data konfrehensif.

Hasil penelitian ini akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah  untuk menetapkan beberapa program jangka pendek di Kabupaten Luwu.

Namun menurut Bahrianto, hal ini tidak hanya bersifat sebuah penelitian atau hasil study. Tapi butuh komitmen dan  tindaklanjut semua pihak dalam bentuk program yang akan dilakukan setelah proses penelitian.

Lebih lanjut mantan Dosen Unhas ini menjelaskan, untuk saat ini hasil penelitian akan mengarah kepada program  jangka pendek yang bertujuan menangani banjir. Untuk jangka panjang akan menyusun sejumlah program.

Beberapa hal yang kedepannya akan menjadi rekomendasi bagi Pemda Luwu adalah normalisasi sungai. Salah  satu penyebab banjir yang ada di Luwu adalah pendangkalan sungai. Pembenahan ini harus dilakukan secara tehnis di beberapa aliran sungai.

Dalam upaya nirmalisasi sungai ini akan dibentuk Satgas yang bertugas melakukan normalisasi sungai dan menjalankan sejumlah program. Satgas ini tidak hanya bersifat sementara namun jangka panjang.”jadi bukan hal yang bersifat proyek yang terkejar oleh waktu”ungkap yang biasa disapa kak Anto ini. (kartini echa)

Pos terkait