Rapid Test Massal di Labkesda Dinkes 81 Orang, 1 Reaktif

  • Whatsapp
Rapid Test Massal di Labkesda Dinkes 81 Orang, 1 Reaktif

LUTRA, UPEKS.CO.id – Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan (Dinkes) Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) menginstruksikan kepada seluruh masyarakat se-Lutra untuk rapid test massal secara gratis setelah dikeluarkan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah (Pemda) Lutra pada tanggal 4 Juni 2020.

“Jadi, sejak instruksi itu keluar, sudah ada 81 orang mengikuti Rapid Test Massal kemarin (5/6/2020), yakni pelaku usaha, sopir truk pengangkut sembako dan mahasiswa,” ungkap I Komang Krisna Juru Bicara Covid-19 Lutra pada media ini melalui via jejaring WhatsApp, Sabtu (6/6/2020) pagi.

Bacaan Lainnya

Menurut Juru Bicara (Jubir) covid-19 Lutra, sebanyak 81 orang memeriksakan dirinya untuk rapid test 1 diantaranya reaktif.

“Total masyarakat yang sudah melakukan rapid tes di Labkesda Dinas Kesehatan Lutra sebanyak 81 orang, 1 orang reaktif,” urai I Komang Krisna, seraya menambahkan yang reaktif langsung diambil sampel swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan uji PCR di Balas Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

Jubir covid-19 Lutra menjelaskan bahwa tujuan rapid test itu untuk deteksi dini terhadap masyarakat berisiko tinggi yang sering bepergian ke daerah zona merah,” terang Komang.

Dinas Kesehatan meminta juga seluruh Puskesmas untuk merapid test pada kelompok yang rentan seperti ibu hamil, lansia, anak sekolah dan comorbid.” Dan pihaknya terus melakukan upaya penelusuran kontak terhadap para Orang Tanpa Gejala (OTG) dan kontak erat, juga kemampuan tracing dan testing terus ditingkatkan disetiap tingkatan,”tutur Komang.

Ini dilakukan karena ibu hamil perlu di perhatikan, mereka rentan terpapar, makanya perlu di rapid dan semuanya ini gratis,” tandas Jubir covid-19 Lutra. (yustus)

Pos terkait