SULAWESI SELATAN

Pemdes Buki Kembali Salurkan BLT- DD Kepada 85 Kepala Keluarga Penerima Manfaat 

Pemdes Buki Kembali Salurkan BLT- DD Kepada 85 Kepala Keluarga Penerima Manfaat 

Selayar, Upeks.co.id–Pemerintah Desa Buki kembali salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) tahap I penyaluran ke dua kepada 85 kepala Keluarga (KK) penerima manfaat, yang penyalurannya di pusatkan di Kantor Desa Buki, Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar, senin (28/6/2020) pagi.

Kegiatan penyaluran BLT- DD tahap I penyaluran kedua diserahkan langsung Kepala Desa Buki, Muhammad Said yang disaksikan Camat Buki, Drs. Ahmad yani bersama Bhabinkamtibmas Desa Buki, Bripka Basrum, dan Babinsa Desa Buki, Serda Rustam, SH. Juga dihadiri para Perangkat Desa, Ketua dan Anggota BPD, Pendamping Desa Lokal, Para Kepala Dusun, Para Tim Relawan Covid 19 Desa Buki, dan Para Penerima manfaat dampak covid-19.

Kepala Desa Buki, Muhammad Said, mengatakan bahwa Penyaluran BLT- DD tahap I penyaluran kedua, itu sebanyak 85 KK dimana pada tahap pertama itu  sebanyak 3 kali penyaluran sebesar 600 ribu perbulan selama 3 bulan sebesar 1.800.000 ribu rupiah. Sementara untuk penyaluran tahap ke II, yang merupakan keputusan baru dari kementrian, itu juga 3 kali penyaluran sebesar 300 ribu perbulan selama 3 bulan sebesar 9.00.000 ribu rupiah.

” Hari ini kami salurkan tahap pertama penyaluran kedua sebesar 600.000 sehingga pada akhirnya penerima bantuan BLT ini akan menerima sebesar 2.700.000 ribu rupiah,” ucapnya.

Lanjut dikatakan, pada tahap I  penyaluran pertama, kami sudah salurkan kepada 85 KK yang penyalurannya pada  21 Mei 2020 lalu  dan hari ini kembali kami salurkan

tahap pertama penyaluran kedua kepada penerima manfaat sebanyak 85 KK.

” Ada banyak jenis bantuan, ada yang sumbernya dari APBD Desa dalam hal ini BLT- DD, dan ada juga jenis bantuan yang sumbernya dari pusat, sehingga karena banyaknya bantuan baik itu dari APBD Desa ataupun pusat, penerima tidak boleh menerima dobel, misalnya penerima bantuan lain seperti BST, BPNT dan jenis bantuan lain dari pusat itu tidak boleh lagi menerima BLT- DD begitupun dengan sebaliknya,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kriteria penerima BLT itu harus memenuhi 9 kriteria dari 14 kriteria yang ada sehingga dalam penetapan BLT itu  kami sangat hati hati karena BLT ini adalah tanggung jawab Pemerintah Desa.

“Saya sangat berharap dengan bantuan yang diberikan ini bisa dimanfaatkan dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kehidupan sehari hari atau dalam memenuhi kebutuhan pokoknya,” tutup  Muhammad Said Kades Buki.

Sementara itu Camat Buki, Drs. Ahmad Yani, dalam arahannya mengucapkan dan mengajak untuk selalu bersyukur kepada Allah karena kita masih diberi kesehatan dalam rangka penyaluran BLT Dana Desa tahap I penyaluran ke dua.

” Kepada para penerima BLT semoga bantuan tersebut bisa dipergunakan sesuai dengan peruntukannya karena ini dibuat untuk bagaimana dalam memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi covid, sehingga bantuan ini semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, tegasnya.

” Desa Buki adalah Desa pertama yang menyalurkan BLT tahap pertama penyaluran ke dua, dan ini adalah kerja pemerintah Desa Buki yang patut kita apresiasi,” jelasnya.

Mengakhiri ketarangannya ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, selalu pake masker, rajin cuci tangan dan jika ada keluarga yang baru datang dari zona merah supaya dilapor guna untuk  bisa dideteksi lebih dini. Dan kepada masyarakan yang akan mengadakan resepsi pernikahan itu harus di sesuaikan dengan prosedural covid-19 karena ini dilakukan supaya kita bisa sama sama menghindari dan memutus mata rantai Covid- 19, ujar Camat Buki Ahmad Yani.

Dari pantauan media ini, penyaluran BLT  ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Camat Buki, Kepala Desa Buki, kepada lima perwakilan Warga Desa penerima manfaat, dan juga dalam Penyaluran BLT DD tahap pertama penyaluran kedua tampak semua memakai masker dan tetap mengikuti protokol kesehatan dan jaga jarak. (Sya)

#TRENDING

To Top