Mengenal Lebih Dekat Profesi Optometris, Punya Peluang Kerja Besar

  • Whatsapp
Mengenal Lebih Dekat Profesi Optometris, Punya Peluang Kerja Besar

 

Makassar, Upeks.co id – Masih belum begitu banyak orang mengetahui atau akrab ketika mendengar istilah optometri atau optometris.

Bacaan Lainnya

Hal ini menjadi sesuatu yang wajar, mengingat perguruan tinggi belum banyak yang menyelenggarakan program studi optometri. Dikawasan Indonesia Timur sendiri tercatat baru Universitas Megarezky sebagai kampus satu-satunya yang menyelenggarakan program pendidikan optometri.

Ketua Prodi D-III Optometri Universitas Megarezky, dr. Andi Sengngeng Relle, Sp.M menjelaskan, optometri merupakan Ilmu fisika dalam bidang kesehatan untuk membantu penderita pada kelainan pembiasan dalam mata. Ini dalam rangka melaksanakan upaya kesehatan mata dan pencegahan kebutaan.

“Adapun optometris adalah seorang profesional berlisensi yang mengkhususkan diri dalam pemeriksaan mata. Mengoreksi jika ada kelainan refraksi pada mata dan memberikan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa kontak,” Kata dr. Andi Sengngeng, (2/6/2020).

“Seorang optometris sangat berperan besar sebagai penolong mata kita selain dokter mata,” tambahnya.

Dia menguraikan, peluang kerja untuk lulusan optometri saat ini terbuka lebar. Seperti penanggung jawab Optik, bekerja di rumah sakit pemerintah maupun swasta, bekerja d balai kesehatan atau pengobatan mata serta klinik pengobatan mata.

Kebutuhan Optometris atau lulusan Optometri di Indonesia Masih Sangat besar dengan perbandingan 1 Optometri berbanding 1000 penduduk Indonesia.

“Jumlah penduduk saat ini adalah 250 juta jiwa, yang artinya kebutuhan Optometris di indonesia sebanyak 250.000 Orang. Sedangkan tenaga Optometrist sampai tahun 2019 hanya sebanyak 9000 orang,” jelasnya

Suasana belajar para mahasiswa Universitas Megarezky Makassar
Dia mengajak para lulusan SMA untuk kuliah di Universitas Megarezky dengan mengambil program studi Optometri.

“Mari bergabung bersama kami di program studi DIII Optometri Universitas Megarezky, yang merupakan salah satu institusi pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan optometri di Kota Makassar dan satu-satunya di kawasan Indonesia timur,” pungkasnya.(rls)

Pos terkait