Ini Figur yang Dianggap Maju Bacalon Kades Bassiang Timur

  • Whatsapp
Ini Figur yang Dianggap Maju Bacalon Kades Bassiang Timur

Ini Figur yang Dianggap Maju Bacalon Kades Bassiang Timur

LUWU.UPEKS.co.id—Meski masih kurang lebih satu tahun lagi yakni 2021 masa jabatan Kepala Desa Bassiang  Timur, Sukirman akan berakhir, namun masyarakat mulai hangat memperbincangkan siapa gerangan yang layak  memimpin desanya. Apakah petahana atau butuh wajah baru.

Bacaan Lainnya

Masyarakat mulai mencari figur calon kades yang mampuh merubah wajah desa dan bisa memperdayakan  masyarakat di berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan warga yang ada di dalam desa.

Beberapa figur yang digadang-gadang jadi Bakal Calon Kepala Desa Bastim. Diantaranya, Hirman yang saat ini  menjabat Ketua BPD Bassiang Timur (Bastim).

Iron demikian sapaan akrabnya, dikenal di masyarakat, karena kemampuannya memandu pada acara-acara  masyarakat, seperti pernikahaan dan kematian serta acara olahraga.

Selain itu pria yang aktif pada kegiatan olahraga ini juga dikenal peramah. Secara finansial masyarakat  menganggap pria yang memiliki 3 putra-putri ini akan dibantu oleh kalangan iparnya yang dianggap telah banyak  sukses.

“Bagus juga kalau ada figur baru siapa tau ada pembangunan baru kalau kades baru, apalagi anak muda pi ini  Iron masih enerjik” ungkap warga Dusun Kabbuka yang enggan di tulis namanya

Meski demikian beberapa kelompok masyarakat belum yakin sepenuhnya Iron akan terpilih namun peluang itu  tetap ada.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Iron akan maju sebagai calon pemimpin desa.Berbeda dengan Sukirman, Kepala Desa Bastim yang terpilih secara PAW ini, yang menggantikan Kades Bastim  non aktif Anwar saat itu. Sukirman memastikan dirinya akan maju bertarung pada pemilihan kades di tahun 2021  nanti.

Meski ini pengalaman pertama ikut bertarung melalui jalur pemilihan secara umum namun dirinya optimis  terpilih.”saya siap dan optimis”ungkapnya.

Tidak bisa dipungkiri, Sukirman punya basis massa pada 4 dusun di Bastim. Selama dirinya kurang lebih 2 tahun  menjabat kades, telah banyak membantu masyarakat meskipun tidak semua masyrakat puas dengan  kepemimpinannya. Ya begitulah dalam pemerintahaan tidak mungkin 100 persen masyarakat akan puas dengan  kinerja pemimpin.

Satu kelebihan Sukirman diantara mantan kades Bastim lainnya, mau mendengarkan keluhan warga dan mencari  solusi atas masalah pada masyarakatnya. “ini pak desa tidak macca tapi mau terima masukan”ungkap salah satu  warga Dusun Bassiang

Petahana, Sukirman yang saat ini masih menjabat kepala desa. Kemampuan keuangan tentunya telah  dipersiapkan ditambah lagi desas desus beberapa pihak yang masih membeackupnya terkait persoalan keuangan  jika dirinya maju jadi calon.

Penilaian dari beberapa pihak, jika Sukirman salah tekhnis dalam melangkah maka ia bisa tergantikan oleh figur  yang lebih cerdas meskipun ia seorang petahana. Diketahui sebelum terpilih melalui jalur PAW Sukirman adalah  Kaur Pembangunan

Figur lain yang juga dianggap layak memimpin desa, Nyrwan Masni. Dia seorang Khatib di Masjid Al Huda Bastim.  Mantan Ketua BPD yang digantikan Hirman.

Ayahnya Baim sapaan akrabnya disebut memiliki kemampuan wawasannya tentang pemerintahan cocok menjadi  kepala desa, namun diketahui masyarakat Bassiang Timur memilih pemimpin tidak selalu berdasarkan  kemampuan seseorang.

Meski lebih redup diantara figur yang lain namun Nyrwan Masni dianggap bisa menjadi kuda hitam atau pilihan  alternatif.” kalau ada yang tidak puas dengan kinerja kades dan ketua BPD maka pasti pilih alternatif”ungkap salah  satu warga dusun Passampa.

Dilihat dari gerakannya, mantan Ketua PPS Bastim ini masih landai-landai saja dan belum ada penyampaian resmi  akan mencalonkan diri. Hubungan dari beberapa figur yang disebutkan di atas masih harmonis sampai sekarang.

Selain ketiga itu, Aples warga Dusun Passampa juga disebut akan maju bersaing pada tahun 2021 mendatang.

Meskipun itu baru dugaan masyarakat tapi sudah mulai diperbincangkan. Sejauh ini Aples belum mengatakan  akan maju jadi bakal calon kepala desa.

Intinya Warga Bassiang Timur berharap siapapun yang terpilih maka diharapkan mampu membawa perubahan  pada desa yang memiliki 1700 wajib pilih ini.

“Kita berharap siapapun itu desa ini bisa maju”ungkap warga Desa
Bastim,” ujarnya. (echa).

Pos terkait