Bupati Apresiasi Peringatan Harganas Ke-27 Tingkat Kabupaten

  • Whatsapp
Bupati Apresiasi Peringatan Harganas Ke-27 Tingkat Kabupaten

Bupati Apresiasi Peringatan Harganas Ke-27 Tingkat Kabupaten

LUTRA, UPEKS.co.id – Pelaksanaan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII tingkat Kabupaten Lutra Tahun 2020 digelar di Desa Salulemo Kecamatan Baebunta, Senin (29/6/2020).

Bacaan Lainnya

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, S.IP, M.Si, menghadiri kegiatan Harganas tersebut yang dirangkaikan kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang menjadi agenda Nasional tahun ini.

Kegiatan Harganas ke-27 dan pelayanan Keluarga Berencana dilaksanakan di Pustu Salulemo Kecamatan  Baebunta, dihadiri sejumlah undangan yang tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti tempat duduk peserta  yang tetap berjarak aman dan seluruh hadirin memakai masker.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengajak seluruh keluarga di Lutra mendukung Program Keluarga Berencana dengan tidak hanya  berfokus pada ber-KB saja, tetapi juga berupaya untuk mewujudkan keluarga yang benar-benar melaksanakan 8  fungsi keluarga.

” Keluarga di Lutra haruslah melaksanakan 8 fungsi keluarga, di antaranya fungsi kasih sayang. Setiap keluarga  mesti mengembangkan kasih sayang di antara anggota keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga yang  harmonis, berperilaku yang baik dan menciptakan suasana yang baik bagi tumbuh kembang anak,” kata Indah.

Fungsi keluarga yang lain, sambung Bupati Indah, adalah fungsi sosialisasi dan pendidikan dimana menurutnya,  keluarga merupakan madrasah atau sekolah pertama bagi seorang anak. Untuk itu, Indah berharap keluarga  dapat meletakkan dasar pendidikan terutama berperilaku dan bermoral yang baik sejak dini pada madrasah  keluarga itu.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Luwu Utara mengajak kaum bapak untuk ikut serta dalam program Keluarga  Berencana. Menurutnya, bukan cuma kaum ibu yang harus ikut Program KB.

” Para bapak juga harus ikut ber-KB, jangan ibu saja. Ada metode kontrasepsi yang dapat dipilih kaum bapak  selain penggunaan kondom.” ujar Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Setelah acara seremoni Harganas ke- 27 tersebut, Bupati Indah Putri Indriani menyempatkan diri untuk  menyaksikan pemasangan alat kontrasepsi pada beberapa orang akseptor KB.

Nampak beberapa tenaga kesehatan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Luwu Utara melakukan  pemasangan Implant dan IUD pada akseptor KB di ruang pelayanan Pustu Salulemo.(yustus).

Pos terkait