Atasi Permalasahan, Ini Dilakukan Bhabinkamtibas Banyuanyara

  • Whatsapp
Atasi Permalasahan, Ini Dilakukan Bhabinkamtibas Banyuanyara

Atasi Permalasahan, Ini Dilakukan Bhabinkamtibas Banyuanyara

TAKALAR, UPEKS.co.id—Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak pencegahan kejahatan. Termasuk  permasalahan warga maupun tindak pidana lainnya yang dapat menganggu situasi kamtibmas.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, bhabinkamtibmas,mengemban tugas pembinaan dan seorang pemimpin yang kuat yang harus punya terobosan kreatif.

Bripka Zainal Halim mengatakan, Bhabinkamtibmas dituntut menguasai lima fungsi teknis Kepolisian sekaligus.  Diantaranya intel, reserse, shabara, lalu lintas, dan pembinaan masyarakat.

“Terutama untuk pencegahan konflik sosial kuncinya adalah kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat,” ujarnya Kamis, (4/6/20).

Lanjut dikatakan, bhabinkamtibmas harus hadir di tengah masyarakat dalam menyelesaikan giat problem solving khusus pada sengeketa lahan dengan melibatkan masyarakat.

Bripka Zainal Halim menegaskan, setelah melakukan proses mediasi, kedua orang warga binaanya, Munirah  Daeng Parang dengan Basoang Daeng Tinri sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan.

“sebagai pengemban fungsi binmas kepolisian dan ujung tombak di masyarakat akan menjembatani proses penyelesaian masalah dan memberikan solusi yang dapat di terima oleh kedua belah. Dengan demikian, pihak  hubungan antara kedua belah pihak tetap terjaga dan situasi kamtibmas tetap kondusif”, ucap Bripka Zainal
Halim.(Jahar).

Pos terkait