ANEKA

Tips Kalla Toyota Upaya Perawatan Kendaraan Selama di Rumah Aja

Tips Kalla Toyota Upaya Perawatan Kendaraan Selama di Rumah Aja

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Kalla Toyota memberikan promo Ramadan Berbagi dengan berbagai kemudahan  melalui layanan Kalla Toyota Extra Care (KTEC). Berbagai keuntungan yang Kalla Toyota hadirkan di program ini
meliputi gratis pengecekan unit Toyota Anda seperti item pengecekan engine oil, battery, tire, cabin air filter,  brakes, wiper, dan rubber.

Selain itu, Kalla Toyota juga memberikan gratis desinfektan setiap pelanggan yang melakukan servis berkala  kendaraannya. Pelanggan yang ingin menikmati promo ini dapat mengisi survey, mengikuti sosial media Kalla  Toyota, dan melakukan booking servis dua hari sebelum servis.

Saat mobil dalam keadaan diam yang cukup lama, terjadi proses oksidasi dari uap air yang berada di sekitar mobil.

Lambat laun, air akan bercampur dengan oli mesin dan merusak senyawa kimia oli. Termasuk pula bercampur  dengan cairan mobil lainnya seperti minyak rem, minyak kopling, dan oli transmisi.

Komponen mesin yang tidak bergerak juga menjadi rentan dihinggapi oleh karat dari proses oksidasi lantaran tidak pernah mendapatkan pelumasan dari oli. Komponen berbahan karet juga akan menjadi getas dan bakal rontok begitu diajak kerja berat.

“Melakukan perawatan berkala pada kendaraan adalah hal yang wajib. Apalagi ditengah pandemi virus Covid-19  ini. Pelanggan setia Kalla Toyota kini tak perlu khawatir. Sebab Kalla Toyota hadir memberikan tips upaya  melakukan perawatan kendaraan selama di rumah aja,”ungkap M. Noor Iqbal Yafie, Aftersales Operation Manager  Kalla Toyota.

Hal yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan untuk menjaga kendaraan agar tetap terawat, meski jarang dipakai adalah sebagai berikut :

a. Pemeriksaan komponen baterai / ACCU  Bersihkan terminal baterai / ACCU atau kepala terminal baterai (+) dan (-) dengan sikat kawat dan air panas untuk  menjaga tegangan listrik baterai tetap baik tidak ada hambatan, sekaligus berfungsi maksimal saat kendaraan  dinyalakan.

b. Memanaskan mesin pada periode tertentu  Hidupkan mesin minimal satu minggu sekali agar tegangan listrik baterai tidak hilang dan baterai tidak mudah  rusak.

c. Pemeriksaan kondisi oli mesin  Periksakan jumlah, kekentalan, dan warna dari oli mesin kendaraan. Lakukan pengecekan oli mesin untuk  mengetahui kualitas dan jumlah oli yang ada di dalam mesin. Berhati-hatilah saat melakukan pengecekan oli  mesin, terutama saat kondisi mesin panas. Oleh sebab itu, pengecekan oli mesin harus dilakukan saat kondisi  mesin mati. Gunakan kain atau tisu bersih untuk melihat kondisi oli mesin pada stick oli.

d. Periksa kondisi ban. Periksa tekanan dan permukaan dari mobil Anda. Pastikan ban tidak kempes dan tekanannya mencukupi. Jangan  biarkan ban kempes terlalu lama karena dapat merusak dan mengubah bentuk ban (flatspot). Selain itu,  penggunaan mobil dengan ban kempes atau bertekanan rendah dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

e. Bersihkan kendaraan dan parkir di tempat terlindungi

e. Bersihkan kendaraan dan parkir di tempat terlindungi

Parkirkan kendaraan di tempat teduh dan terlindungi dari debu dan kotoran. Bersihkan kendaraan dengan segera jika terdapat kotoran yang menempel agar tidak merusak cat kendaraan. Bersihkan pula bodi kendaraan dengan  kain yang sangat halus agar tidak merusak bodi mobil.

Untuk bagian interior sendiri, pemilik kendaraan harus selalu memastikan kebersihan interior mobil agar kuman  dan bakteri tidak menempel di jok, stir, stick perseneling, dan fitur lainnya. Gunakan sabun antiseptik, air, botol  semprot, kain atau handuk alus (microfiber) dan vacuum cleaner.

Namun, adapula tombol di dalam kabin interior mobil yang tidak disarankan untuk dibersihkan dengan pembersih  silikon karena dapat mengakibatkan kendala pada fungsi dan fitur mobil. Di antaranya, tombol wiper, lampu depan,  sistem audio, switch pada pedal rem, dan switch power window.

Untuk memastikan kondisi kendaraan tetap prima, Kalla Toyota memberikan promo Ramadan Berbagi. Kalla  Toyota memberikan dua layanan utama. Yaitu layanan layanan servis di tempat, dimana teknisi profesional Kalla  Toyota akan berkunjung ke tempat pelanggan.

Unit Toyota pelanggan akan langsung ditangani dengan dilengkapi alat pelindung diri berupa masker, sarung  tangan, dan handsanitizer. Layanan kedua adalah layanan antar jemput. Teknisi akan menjemput unit Toyota  pelanggan di rumah lalu akan dibawa ke bengkel resmi Kalla Toyota untuk ditangani. Setelahnya, teknisi akan  mengantarkan kembali unit Toyota pelanggan ke rumah dalam keadaan telah diservis dan bersih.

Selain dilakukan pengecekan service berkala, pelanggan akan mendapatkan keuntungan lebih dengan free car air  desinfektan yang tersedia di bengkel cabang tertentu khususnya di Kota wilayah Mamago. (mit)

#TRENDING

To Top