ANEKA

Solidaritas Kemanusiaan, IAI Luwu Salurkan Ratusan Paket Bantuan

Solidaritas Kemanusiaan, IAI Luwu Salurkan Ratusan Paket Bantuan

LUWU.UPEKS.co.id—Wabah pandemi Covid-19 memberi dampak yang besar kepada masyarakat. Pembatasan
sosial untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini memberi pengaruh pada ekonomi, utamanya pada  masyarakat yang kurang mampu.

Di balik itu solidaritas kemanusiaan berbagai komunitas dan ormas bermunculan untuk membantu pemerintah dan  masyarakat. Tidak hanya pencegahan Covid-19 tapi juga membantu masyarakat yang terkena dampak dari  pandemi ini.

Salah satunya adalah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Luwu yang hari ini membagikan ratusan paket  sembako, masker dan hand sanitizer di beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Luwu.

Sekretaris IAI Cabang Luwu Agus Usman menjelaskan, pada kegiatan ini IAI dan seluruh Apoteker Luwu secara  bersama turun langsung ke beberapa desa dan kelurahan untuk membagikan sembako. Selain melalui pemerintah  desa/kelurahan, penyaluran juga dilakukan secara langsung ke rumah warga.

Kegiatan ini dikemas dengan mengangkat tema “Gerakan Ikatan Apoteker Luwu Bersama Masyarakat Melawan  Covid-19”. Pada kegiatan ini IAI, penyaluran bantuan sembako begitu saja oleh IAI, tapi berbasis data dari para  apoteker yang berada di Luwu.

Hingga bantuan yang tersalurkan tepat sasaran pada masyarakat benar-benar membutuhkan. Sementara untuk  pembagian masker dan hand sanitizer dilakukan di beberapa titik pasar di Kabupaten Luwu.

“Pembagian sembako ke masyarakat sesuai dengan laporan atau berbasis pada data dari kawan-kawan  apoteker, untuk pembagian masker dan hand sanitizer kami bagikan di beberapa titik pasar di Kabupaten Luwu,”  ucap Agus.

Sementara Ketua IAI Cabang Luwu Irawan Hajwan menjelaskan hal senada bahwa program berbagi sembako,  masker dan hand sanitizer merupakan inisiatif dari teman-teman sejawat profesi apoteker. Bantuan ini berasal  dari donasi anggota IAI Kabupaten Luwu.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah agar bisa meringankan beban masyarakat karena terdampak  Covid-19. Selain membagikan sembako pada masyarakat kurang mampu, masker dan hand sanitizer kepada  penjual di pasar.

IAI juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu memakai masker dan sering cuci tangan serta selalu  jaga jarak. Di bulan ramadhan ini pasar semakin ramai terlebih di sore hari dan masih banyak masyarakat yang  tidak menggunakan masker.

“Ini adalah inisiatif bersama untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19, tidak hanya memberikan  bantuan kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan pandemi ini. Harapan kami  semoga wabah ini cepat berlalu,” kata Irawan. (echa).

#TRENDING

To Top