Satrol Lantamal VI Manfaatkan Rawa Jadi Kolam Ikan Dukung Ketahanan Pangan Covid-19

  • Whatsapp
Satrol Lantamal VI Manfaatkan Rawa Jadi Kolam Ikan Dukung Ketahanan Pangan Covid-19

Makassar, Upeks.co.id–Berbagai macam usaha yang telah dilaksanakan Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) dalam mendukung program ketahanan pangan untuk menghadapi dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), mulai dari membuka lahan Pertanian dan Perkebunan sampai dengan Perikanan di lahan produktif TNI AL yang berada di sekitar Kota Makassar.

Atas dasar tersebut, guna lebih mengefektifkan lagi penggunaan fasilitas lahan produktif utamanya dalam produk perikanan, Personel Satgas Ketahanan Pangan Covid-19 Lantamal VI dari Satuan Patroli (Satrol) Lantamal VI yang dipimpin oleh Komandan Satrol (Dansatrol) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian S.T., M.M., memanfaatkan rawa yang berada di area Pannampu  Jl. Lembo menjadi tempat kolam ikan, Sabtu (02/05/2020).

Bacaan Lainnya

Dansatrol Lantamal VI menyampaikan bahwa sebagai langkah pertama yaitu menata rawa tersebut dengan cara membersihkan tanaman-tanaman yang tumbuh liar di rawa dan area sekitarnya.

“Setelah bersih, kemudian kami akan membuat Karamba apung yang berbahan Paralon dengan ukuran 4×4 meter sebanyak 3 unit dan karamba jaring dengan ukuran 5×4 meter sejumlah 3 unit untuk diletakkan di rawa yang sudah menjadi kolam ini”, ujarnya.

“Kami juga akan membuat sekat antara pembibitan dan kolam ikan, jadi semua ikan yang akan masuk ke kolam akan di sortir terlebih dahulu agar bibit yang telah tumbuh tersebut benar-benar ikan yang mempunyai kualitas yang bagus”, tambahnya.

Selanjutnya, Dansatrol juga mengatakan bahwa akan membuka lahan tidur di sekitar area kolam yang tadinya dipenuhi dengan semak-semak menjadi lahan produktif yang akan ditanami Ubi jalar, Singkong dan bibit Cabe.(rls)

Pos terkait