Pelintas Batas Soppeng Banyak Lolos, Alam : Kerja Jangan Setengah-Setengah

  • Whatsapp
Pelintas Batas Soppeng Banyak Lolos, Alam : Kerja Jangan Setengah-Setengah

Pelintas Batas Soppeng Banyak Lolos, Alam : Kerja Jangan Setengah-Setengah

SOPPENG,UPEKS.co.id— Puluhan pengendara mobil nampak bebas melintasi posko pemeriksaan. Hal ini
terpantau di posko Covid-19 Salaonro, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng.

Bacaan Lainnya

Pengendara mobil terlihat secara bebas melintasi posko tanpa di periksa oleh petugas perbatasan.

Padahal, dalam petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan di perbatasan bahwa setiap pendatang atau pelintas yang  masuk wilayah Kabupaten Soppeng musti dilakukan pemeriksaan KTP, dokumen perjalanan, muatan kendaraan  dan pemeriksaan suhu badan.

Namun hal itu tak di indahkan oleh petugas yang menjaga di posko Covid-19 Salaonro, Kecamatan Lilirilau,  Kabupaten Soppeng.

Hal ini pun sangat berbanding terbalik dengan posko Covid-19 di Bulu dua dan Batu-batu. Dalam pemeriksaan di  posko Bulu Dua dan Batu-batu, pengendara motor maupun mobil diperiksa secara ketat.

“Semua pengendara yang melintas itu wajib di periksa, mulai isi mobilnya hingga penumpangnya. Karena kita kan  tidak tau, bisa saja ada orang yang sembunyi dalam mobil itu,” kata penanggung jawab posko Covid-19 Bulu dua,  Hamzah Hola.

Ditempat yang terpisah, LSM Pelita Keadilan, Nur Alam sangat menyayangkan ketidaktegasannya petugas  perbatasan dalam memeriksa para pelintas yang lewat.

“Kalau ada aturan yang dikeluarkan oleh pihak terkait jangan hanya setengah-setengah dijalankan aturan itu,  dengan artian jangan hanya setengah serius,” tuturnya.

Apalagi kata Alam, Soppeng saat ini sudah 10 lebih yang dinyatakan positif Covid-19. “Ini rata-rata orang Soppeng  yang dari luar daerah,” imbuhnya.

Dirinya pun berharap semua petugas perbatasan harus tegas tanpa pandang bulu bagi siapa pun yang melintas.

“Jadi harus ada kekompakan semua pihak, jangan yang satu serius, yang satu tidak serius. Saya berharap semua  mobil lewat harus diperiksa, kerena bagaimana kita mau tau, apa dia bawa penumpang atau barang, serta  bagaimana keadaan sopirnya,” pungkasnya. (Min)

Pos terkait