Kekurangan Stok Pupuk si Sinjai, Sistem Distribusi Bermasalah

  • Whatsapp
Kekurangan Stok Pupuk si Sinjai, Sistem Distribusi Bermasalah

Kekurangan Stok Pupuk si Sinjai, Sistem Distribusi Bermasalah

SINJAI, UPEKS.co.id—Langkanya pupuk urea di tingkat pengecer di Kabupaten Sinjai sangat menyusahkan para  petani karena memasuki masa tanam. Bahkan stok di beberapa Kecamatan seperti Sinjai Borong, Sinjai Selatan,  Sinjai Tengah, Tellulimpoe, Sinjai Utara, dan Bulupoddo ada yang kosong.

Bacaan Lainnya

Pemda Sinjai melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, melakukan rapat bersama pihak produsen,  distributor serta pengecer se Kabupaten Sinjai, Senin (11/5)

Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Marwatiah mengaku stok pupuk di Sinjai tetap ada. Namun adanya  kelangkaan pupuk ini dikarenakan adanya masalah pada sistem distribusi distributor ke tingkat pengecer.

“Permasalahan yang ditemukan sekarang adalah kurangnya stok urea di pengecer untuk wilayah yang  distributornya adalah CV Sony. Untuk kebutuhan Sinjai sesuai RDKK saat ini adalah 9 Ribu lebih untuk urea dan  karena ada pengurangan kuota dari pusat sehingga menjadi 3.200 ton lebih. Namun jika ada kekurangan Dan
menyurat untuk meminta realokasi pupuk,” ujarnya.

Sekda Sinjai, Drs. Akbar, M,Si selaku Ketua Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) mengungkapkan jika  masalah pupuk ini terjadi pada sistem pendistribusian saja dan bukan karena kelangkaan pupuk.

“Kami sudah  panggil distributornya CV Sony. Karena hanya pengecer yang berada pada wilayah CV Sony untuk 6 Kecamatan
yang bermasalah. Sedangkan distributor lain untuk 2 Kecamatan yakni Sinjai Timur dan Barat tidak ada masalah  dan stok mereka tercukupi,” katanya.

Sekda bahkan mengaku sudah menegur pihak distributor CV Sony agar permasalahan ini bisa segera  diselesaikan secepatnya.

“Kami sudah memberikan deathline kepada distributor dan kalau dalam seminggu masih  ada keluhan dari pengecer ke distributor. Maka wilayah dari 6 Kecamatan akan kami kurangi menjadi 2
Kecamatan, dan jika masih ada keluhan lagi, secara terpaksa distributor ini akan kami blacklist. Karena ini sudah  masuk masa tanam dan ini akan sangat merugikan petani kita,” tegasnya.

Terpisah Direktur CV Sony, H. Rusdi berjanji akan menyelesaikan semua permasalahan dengan pengecer dalam  waktu 1 minggu.

Diketahui untuk stok pupuk urea di Gudang Lini 3 Mangottong Sinjai tercatat secara ADM sejumlah 1187 ton, untuk fisik 452 ton dan untuk STO 850 ton. (egy)

Pos terkait