Jaringan XL Axiata Layani Kebutuhan Lebaran

  • Whatsapp
Jaringan XL Axiata Layani Kebutuhan Lebaran

Jaringan XL Axiata Layani Kebutuhan Lebaran

JAKARTA.UPEKS.co.id– PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan  pelanggan dan masyarakat selama Lebaran 2020. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Direktur Informasi, Yessie D. Yosetya, dan Plt Chief Technology Officer I Gede Darmayusa memastikan semua persiapan  dalam peninjauan di pusat monitoring jaringan XL Axiata di Jakarta, Sabtu (23/5).

Bacaan Lainnya

Hasil monitoring dapat diketahui antara lain kenaikan trafik data rata-rata sebesar 2% – 3% dalam beberapa pekan  terakhir menjelang Lebaran dibandingkan hari normal setelah berlakunya bekerja dan sekolah dari rumah.

Plt Chief Technology Officer I Gede Darmayusa “Dari monitoring ini kita juga mendapatkan data bahwa tingkat  perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke wilayah lain memang tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh adanya larangan mudik bagi warga Jabodetabek, imbas dari pandemi Covid-19.

Di sisi lain, kita juga punya data bahwa kenaikan trafik di berbagai area lebih dipengaruhi oleh meningkatnya  konsumsi data oleh setiap pelanggan daripada pengaruh perpindahan pelanggan ke area lain.”

I Gede Darmayusa menambahkan, dari data-data yang terlihat di pusat monitoring, pihaknya yakin atas kesiapan  jaringan yang sudah dilakukan sejauh ini. Dia menyebut seperti kapasitas jaringan yang telah ditingkatkan sebesar  2x lipat dari hari-hari normal.

Selain itu juga menyangkut kesiapan jaringan di setiap area terkait dengan berubahnya paradigma dimana tidak  ada mudik berarti tidak ada lagi lonjakan trafik di daerah tertentu, termasuk di lokasi-lokasi wisata yang biasa jadi  tujuan berlibur selama Lebaran.

Penguatan jaringan kini lebih banyak dilakukan di area-area pemukiman di mana masyarakat diperkirakan akan  lebih banyak melakukan berbagai aktivitas Lebaran di rumah.

Selama sepekan terakhir, layanan data yang paling banyak diakses pelanggan adalah layanan berbasis streaming  dengan kenaikan sebesar 40% di bandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19, kemudian layanan gim naik  35%, dan layanan instant messaging (IM) meningkat 15%.

Khusus layanan video call atau video conference dan sejenisnya yang akhir-akhir ini banyak digunakan  masyarakat untuk saling menyapa dengan keluarga juga untuk menunjang aktivitas bekerja dan belajar dari  rumah, terjadi kenaikan trafik hingga lebih dari 5x dibandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan wilayah, kenaikan trafik tertinggi dalam sepekan terakhir sebelum Lebaran, berturut- turut ada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, serta Jawa Timur dengan rata-rata naik 3%.

Meski tidak ada lagi mudik, XL Axiata tetap bersiap mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang bisa saja terjadi  sewaktu-waktu. Untuk itu, prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin.

Pengerahan  mobile BTS juga tetap dipersiapkan untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan. (rls).

Pos terkait