DPRD Serahkan Kembali LKPJ Bupati Sinjai 2019

  • Whatsapp
DPRD Serahkan Kembali LKPJ Bupati Sinjai 2019

DPRD Serahkan Kembali LKPJ Bupati Sinjai 2019

SINJAI, UPEKS.co.id—Hasil Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sinjai tahun 2019,
disampaikan dan diserahkan kembali DPRD kepada Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

Bacaan Lainnya

Dokumen yang telah dibahas dan di evaluasi oleh Panitia khusus (Pansus) DPRD, untuk selanjutnya dijadikan  rekomendasi kepada Pemkab Sinjai itu, diserahkan melalui rapat paripurna DPRD, di Ruang Rapat Paripurna,  beberapa waktu lalu.

Penyerahan dokumen rekomendasi Dewan atas LKPJ Bupati oleh Ketua DPRD Sinjai, Lukman Arsal kepada  Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa , disaksikan Wakil Bupati Sinjai, Anggota DPRD Sinjai, serta para peserta  rapat yang mengikuti rapat paripurna secara langsung dan via Video Conference (Vidcon) seperti Forkopimda dan  Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal. mengungkapkan, bahwa keputusan rekomendasi disampaikan sesuai  petunjuk yang diatur dalam peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang pelaporan dan evaluasi  penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Peraturan pemerintah tersebut menjelaskan bahwa DPRD melakukan pembahasan terhadap LKPJ dan  berdasarkan hasil pembahasan tersebut dapat memberikan rekomendasi dalam bentuk keputusan DPRD yang  disampaikan kepada kepala daerah dalam rapat paripurna,” ujarnya.

Penyampaian dokumen tersebut, kata Lukman tentu saja bukan hanya untuk memenuhi prosedur  penyelenggaraan pemerintahan, namun lebih daripada untuk menyampaikan agar rekomendasi ini menjadi bahan  koreksi konstruktif.

Lukman berharap rekomendasi dewan hendaknya dapat dijadikan dokumen penting untuk diimplementasikan oleh  seluruh instansi lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai.

“Sedangkan bagi dewan dapat dijadikan sebagai bahan pengawasan lebih lanjut dalam segenap aktivitas agar  apa yang telah menjadi kesepakatan sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD dan dokumen perencanaan  lainnya bisa diwujudkan secara bersama,” ujarnya.

Ini menjadi harapan dewan kiranya ke depan ada perbaikan ada penyesuaian-penyesuaian signifikan  pengembangan dan peningkatan dalam perjalanan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan  daerah, dan pelayanan kemasyarakatan yang diemban Bupati sebagaimana yang direkomendasikan, tegasnya.

Sementara, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan, penyerahan rekomendasi ini merupakan  komitmen dewan dalam upaya pemenuhan tujuan pembangunan Kabupaten Sinjai. Selain itu, sebagai upaya untuk  mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Secara khusus kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD atas  segala senirgitas dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik di Kabupaten Sinjai,” ucapnya.

Rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Sinjai 2019 dibacakan oleh Sekretaris DPRD Sinjai, Drs Janwar. Dalam  penyempaiannya, sejumlah program dan kebijakan yang belum sepenuhnya direalisasikan.

Beberapa rekomendasi DPRD Sinjai dalam LKPJ tersebut seperti urusan pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta bidang sosial kebudayaan harus segera dirampungkan sesegera mungkin utamanya anggaran penanganan Covid 19. (egy)

 

Pos terkait