SULAWESI SELATAN

300 KK Penerima Bansos di Kelurahan Kappuna

300 KK Penerima Bansos di Kelurahan Kappuna

LUTRA, Upeks.co.id – Pemerintah Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara (Lutra) terus mematangkan data warga yang akan menerima bantuan sosial terkait pandemi virus corona COVID-19.

Hal ini disampaikan Lurah Kappuna Andriyadi, S.AN pada wartawan media ini, Selasa, 19 Mei 2020 pagi, bahwa setelah para Kepala Lingkungan, tok8h pemuda, masyarakat duduk bersama kemarin sore (Senin, 18/5/2020) mengatakan, yernyata laporan dari tiap Kepala Lingkungan Katokkoan, Welona, Matoto dan Lingkungan Ponjing memberikan data 309 KK penerima BLT-Kelurahan Kappuna, dan kami Verifikasi seksama dari 309 KK, ternya ada 9 KK dobel penerima Bansos.

“Jadi hasil pemeriksaan yang seksama nama-nama KK ada 9 penerima yang dobel KK, jadi penerima Bansos melalui BLT KElurahan berjumlah 300 KK penerima,” jelas Andri panggilan akrabnya Lurah Kappuna.

Lurah menegaskan, pendataan yang dilakukan oleh Kepala Lingkungan dan  diverifikasi datanya supaya benar-benar valid sehingga tidak ada seseorang yang menerima bantuan berkali-kali. “Prinsipnya bantuan yang bersumber dari keuangan negara, tidak boleh diterima berkali-kali pada program berbeda, untuk azas keadilan,” kata Andri.

Menurut Lurah, Kelurahan Kappuna sudah memiliki Data Tetap Keluarga Sejahtera (DTKS), yakni warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH), program beras untuk keluarga sejahtera (rastra/BPNT/Sembako), PST serta program Kartu Pra-Kerja.

Andriyadi menambahkan, pendataan yang dilakukan oleh Kelurahan melalui RW dan RT, kata dia, adalah pendataan terhadap warga miskin belum terdaftar dalam DTKS, warga yang terdampak ekonomi akibat COVID-19 seperti warga yang diberhentikan dari tempat kerja, warga tempat kerjanya tutup dan warga jadi tidak memiliki penghasilan.

“Dari pendataan itu, untuk penerima BLT-Kelurahan ada 300 KK/warga yang dinilai layak mendapat bantuan. Data ini sudah diverifikasi dan valud untuk mendapatkan BLT Kelurahan,”kata Andri menambahkan.

“Pengecekan berlapis-lapis ini agar itidak ada seseorang yang menerima bantuan ganda atau lebih. Prinsipnya, tidak boleh seseorang menerima bantuan berkali-kali dari sumber keuangan negara yang sama,” tegas Lurah Kappuna.(yustus)

#TRENDING

To Top