11 Pasien Covid Sinjai Di Rujuk Ke Makassar

  • Whatsapp
11 Pasien Covid Sinjai Di Rujuk Ke Makassar

SINJAI, UPEKS.co.id–Pemda Sinjai melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sinjai mengumumkan ke publik bahwa pasien positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) yang sebelumnya dirawat di RSUD Kabupaten Sinjai telah dirujuk ke Kota Makassar untuk perawatan lebih lanjut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Sinjai, dr Andi Suryanto Asapa dalam jumpa persnya secara langsung serta via online melalui aplikasi zoom yang dipandu oleh Kepala Dinas Infokom dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib di media Center Covid-19 Pemkab Sinjai, Minggu (17/5) sore.

Bacaan Lainnya

Andi Suryanto yang juga Kadis Kesehatan tersebut mengatakan, pemindahan pasien positif Covid-19 ini berdasarkan surat edaran Gubernur Sulsel nomor 440.1.1/04464/Diskes tentang alur rujukan penanganan pasien Covid-19 di Sulsel.

“Dalama alur rujukan penanganan Covid-19 yang tertuang dalam surat edaran bapak Gubernur Sulsel, secara jelas disampaikan bahwa semua pasien konfirmasi positif baik PDP atau OTG disatukan perawatannya di Makassar,” jelasnya.

Kepala yang akrab disapa dr. Dedeth ini mengungkapkan bahwa, dalam surat edaran tersebut juga disebutkan ada tiga rumah sakit rujukan penyangga di Sulawesi Selatan. Disebutkan dalam surat edaran tersebut, diantaranya RS Daya, RS Dadi dan RS Sayang Rakyat.

“Sedangkan untuk hotel ada empat yang disiapkan yakni Hotel Swiss Bell, Almadera, Remcy, dan Harper. Bapak gubernur mengharapkan tidak ada lagi positif di wilayah kabupaten, jadi bisa clear tidak ada positif,” ujarnya.

Lanjut dr. Dedeth menerangkan Khusus pasien positif Covid-19 asal Sinjai yang jumlahnya 11 orang ini ditempatkan di Hotel Harper di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar yang merupakan tempat bagi pasien positif OTG.

“Pagi tadi 11 orang pasien OTG positif Covid-19 telah diberangkatkan ke Makassar. Mereka menjalani perawatan di hotel harper.
Saat ini, tim penanganan Covid-19 Pemkab Sinjai fokus pada 160 orang kontak dari 8 pasien klaster rombongan 14 yang terkonfirmasi beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk total orang yang sedang menjalani karantina di Hotel Sinjai jumlahnya adalah sebanyak 31 orang. Masih ada 160 kontak pasien hasil tracking dari yang kemarin yang harus dikejar, kemungkinan besar masih berkembang,” tutupnya.

Sebelumnya dari 8 pasien positif covid 19, 5 diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan ke rumahnya walau begitu tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Serta ada tambahan 8 orang positif berdasarkan rapid test. Jadi total pasien positif asal Sinjai sebanyak 11 orang. (egy)

Pos terkait